-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240404-WA0000

Jelang Aquabike Jetski World Championship, Kadis Perhubungan Samosir Paparkan Rekayasa Lalu Lintas

Senin, 20 November 2023 | 18.23 WIB Last Updated 2023-11-20T11:40:48Z
Kadis Perhubungan Kabupaten Samosir, Laspayer Sipayung memaparkan rekayasa lalu lintas pada perhelatan event berskala internasional di Danau Toba.
Samosir(DN)
Kadis Perhubungan Kabupaten Samosir, Laspayer Sipayung menjelaskan terkait manajemen rekayasa lalu lintas selama even Aquabike Jetski World Championship 2023 yang berlangsung di Danau Toba, lokasi kantong parkir, serta kesiapan shuttle bus dan moda transportasi akses keluar masuk Samosir.

Hal ini ia paparkan dalam temu pers yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Samosir, dalam rangka pelaksanaan event Aquabike Jetski World Championship di Kabupaten Samosir pada 22-26 November 2023.

Temu pers yang dihadiri langsung oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST, didampingi Pj. Sekda Rita Tavip Megawati, SAB Rudi SM. Siahaan, Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang, Kadis Budpar Tetty Naibaho, dan Kadis Perhubungan Laspayer Sipayung, digelar di Kawasan zona 4 Waterfront City Pangururan, Senin (20/11).

Untuk rekayasa lalu lintas, jelas Laspayer, sudah dikaji dan simulasi berdasarkan masukan dari Kemenhub, Dishub Provsu, Ditlantas Poldasu bersama Polres Samosir. Akan ada jalur yang ditutup untuk umum yang hanya diperuntukkan untuk VIP.

"Sepanjang Jalan Danau Toba hingga Jalan Putri Lopian merupakan daerah steril, hanya bisa diakses oleh tamu VIP. Jadi pengunjung yang akan masuk ke area Waterfront City akan dilayani oleh Shuttle Bus yang sudah kita siapkan mulai dari kantong parkir terjauh hingga ke lokasi venue," kata Laspayer.
 
Rekayasa lalu lintas dan lokasi parkir pelaksanaan event Aquabike Jetski di Kabupaten Samosir.
Untuk lokasi parkir, Laspayer menyebut ada 12 lokasi kantong parkir yang dapat menampung 700 hingga 1.000 roda empat dan 1.000-1.500 roda dua.

"Disetiap persimpangan dan setiap lokasi parkir akan kita tempatkan personel gabungan Dishub, TNI dan Polri untuk mengarahkan," jelasnya 

Terkait moda transportasi akses keluar masuk Samosir, Laspayer sudah meminta kesiapan seluruh manajemen kapal penyeberangan untuk siap dan melayani 24 jam penuh.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menambahkan, pelaksanaan Aquabike Jetski World Championship akan dihelat di Danau Toba dengan tuan rumah 4 kabupaten, yakni, Karo, Dairi, Samosir dan Toba.

Di Samosir sebagai salah satu tuan rumah akan berlangsung acara puncak pada tanggal 24 Nopember 2023, namun sudah diisi dengan berbagai side event sejak tanggal 19 s.d 25 November 2023.
Rundown event Aquabike Jetski.
"Ini merupakan sinergitas dan kerjasama kita dengan Kabupaten dikawasan Danau Toba dalam hal menggiring ke pemerintah pusat. Maka harapan saya, kita bersama mensukseskan event yang sudah sangat kita tunggu-tunggu, dimana pariwisata kita sempat tersendat akibat wabah Covid-19," ujarnya.

Bupati berharap para jurnalis dapat menginformasikan seluas-luasnya seluruh rangkaian even ini, dengan demikian para pengunjung akan berdatangan dan akan berdampak positif dalam membangkitkan ekonomi lokal.

Terakhir, dalam penegasannya, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menyampaikan bahwa Samosir patut berbangga bisa menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan even Aquabike di Danau Toba. Dengan even ini, nantinya Danau Toba dan Budaya Batak akan semakin dikenal di seluruh dunia. 

"Harapan saya even ini akan memberikan multiplier effect secara langsung kepada masyarakat dan ekonomi lokal. Dari Pemkab Samosir, kita sudah siap sebagai tuan rumah dan akan memberikan yang terbaik, tentu dengan dukungan bapak/ibu insan pers sekalian. Bersama kita bisa untuk mesukseskan even ini," tutup Bupati Samosir Vandiko Gultom.(red/infosamosir).
×
Berita Terbaru Update