-->

Notification

×

iklan

Iklan

Satuan Pam Obvit Polres Samosir Gelar Pelatihan Pengamanan dan Pengawalan VIP

Senin, 02 Oktober 2023 | 14.23 WIB Last Updated 2023-10-02T10:25:53Z
Satuan Pam Obvit Polres Samosir gelar pelatihan pengamanan dan pengawalan VIP.
Samosir(DN)
Satuan Pam Obvit Polres Samosir menggelar pelatihan penting yang bertujuan meningkatkan kemampuan dalam pengamanan dan pengawalan tamu-tamu VIP.

Acara ini berlangsung di Lapangan dan Mako Polres Samosir dan dipimpin oleh Kasat Pam Obvit Polres Samosir AKP Binnen Hutagalung, yang melibatkan semua personil Sat Pam Obvit Polres Samosir, Senin, 2 Oktober 2023.

Kasi Humas Polres Samosir, Brigadir Vandu Marpaung mengatakan, dalam pelatihan ini, berbagai aspek penting dalam pengamanan dan pengawalan VIP dibahas secara mendalam. Ini mencakup arahan dari Komandan Pam VIP kepada personil pengamanan dan pengawalan, pemeriksaan alat pam VIP, tata cara pengawalan dan pengamanan, pemeriksaan badan tamu, evakuasi VIP, serta prosedur pengamanan VIP.

Untuk melaksanakan pelatihan ini, Sat Pam Obvit Polres Samosir menggunakan beragam peralatan bantu, termasuk 1 unit kendaraan roda untuk Voorijder, 1 unit kendaraan roda 4 sebagai pembawa VIP, 2 unit metal detector, 1 unit tray barang, 1 unit Security Gate/Walk Through Metal Detector, dan 3 unit Handy Talky (HT).

"Dalam simulasi pelatihan ini, personil Sat Pam Obvit memerankan berbagai peran, termasuk VIP, tamu berpakaian sipil, komandan PAM VIP, pengemudi, pengawal VIP, dan petugas pemeriksaan badan dan barang bawaan tamu di Security Gate/Walk Through Metal Detector," katanya.

Proses pemeriksaan tamu yang sangat teliti mencakup pengecekan barang bawaan yang diletakkan di tray dekat Security Gate/Walk Through Metal Detector. Barang bawaan tamu diperiksa menggunakan metal detector, dan jika ada yang mencurigakan, barang tersebut dibuka di hadapan tamu. Selain itu, pemeriksaan badan tamu dilakukan secara menyeluruh, mulai dari kepala hingga kaki.

Lokasi pelatihan mencakup Jalan Raya, Tempat Security Gate/Walk Through Metal Detector, Pintu/Gedung Pertemuan, Safe Exit Zone, dan Escape Route. Semua langkah dalam pengawalan VIP dijelaskan dalam detail yang sangat rinci, termasuk penanganan situasi darurat.

Ditambahkan Kasat Pam Obvit Polres Samosir, AKP Binnen Hutagalung menyampaikan bahwa simulasi ini merupakan langkah penting dalam mempersiapkan personil untuk menghadapi situasi pengamanan dan pengawalan tamu VIP dengan profesional.

Dengan detail dan ketelitian dalam setiap langkahnya, Satuan Pam Obvit Polres Samosir memastikan keamanan tamu VIP adalah prioritas utama.

"Pelatihan ini akan menjadi rutin setiap hari Senin untuk menjaga kesiagaan dan meningkatkan keahlian personil Sat Pam Obvit dalam menjalankan tugas mereka demi keamanan Tamu VIP selama berada di wilayah Hukum Polres Samosir," tutup AKP Binnen Hutagalung.(humaspolressamosir).
×
Berita Terbaru Update