-->

Notification

×

iklan

Iklan

Kapolres Samosir Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024

Selasa, 17 Oktober 2023 | 15.30 WIB Last Updated 2023-10-17T10:34:18Z
Kapolres Samosir mengecek kelengkapan pasukan.
Samosir(DN)
Dalam rangka pengamanan pemilu tahun 2024 di wilayah Kabupaten Samosir, Polres Samosir menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024 yang dipimpin Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman SH SIK MH di Tanah Lapang Pangururan, 17/10.

Turut hadir Bupati Samosir, Vandiko Gultom, Ketua DPRD Samosir, Sorta Ertaty Siahaan, Pabung Kodim 0210/TU Wilayah Samosir G. Sebayang, Kajari Samosir Andi Adikawira Putera, Ketua Pengadilan Negri Balige Evelyne Napitupulu, S.H.,M.H, Wakapolres, T. Panggabean.

Juga Ketua Bawaslu Samosir Robinson Simarmata, Danramil Pangururan, Plh Ketua KPU Samosir Robinsar Junaidi Barus, para pimpinan OPD Kabupaten Samosir, para Camat, Instansi Vertikal, pimpinan Parpol Wilayah Kabupaten Samosir, jajaran TNI/Polri, personil Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Samosir.

Apel gelar pasukan ditandai dengan pemeriksaan kelengkapan pasukan dan penyematan pita tanda operasi oleh Kapolres Samosir, dilanjutkan dengan Deklarasi pemilu damai, Penandatanganan Deklarasi pemilu damai dan Simulasi Sispamkota.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres Samosir mengatakan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarpras operasi Mantap Brata 2023-2024 sehingga pemilu 2024 dapat terselenggara dengan aman dan tertib.

"Sebagai pesta demokrasi terbesar, Pemilu 2024 akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa sehingga menjadi momen yang sangat penting," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar. 

Operasi Mantap Brata tahun 2023-2024 akan dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personil seluruh Indonesia dengan pola pengamanan sistem wilayah atau zonasi bagi personil korps Brimob Polri dan dalmas nusantara.

Diharapkan personil yang terlibat terus melakukan mapping potensi konflik sosial. Ops mantap Brata Toba merupakan penguatan komunikasi publik, Sistem, IT laksanakan sesuai SOP,  koordinasi antar pilar pemilu sehingga mendapat legitimasi dari masyarakat, mengedepankan komunikasi publik dan upaya Cooling System serta meningkatkan sinergitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait.(red).
×
Berita Terbaru Update