-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Polres Samosir Gelar Simulasi Pelatihan Pengendalian Massa Dalam Kesiapan Menghadapi Pemilu 2024

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 18.11 WIB Last Updated 2023-08-12T15:13:54Z
Polres Samosir gelar simulasi pengendalian massa dalam menghadapi kemungkinan yang terjadi pada Pemilu 2024.
Samosir(DN)
Dalam upaya memastikan keamanan dan kelancaran proses Pemilihan Umum 2024, Polres Samosir menggelar Pelatihan Pengendalian Massa di Lapangan Mako Polres Samosir, Sabtu, 12/08/ 2023.

Dalam pelatihan kali ini, Polres Samosir melatih personil bergerak proaktif dengan mempersiapkan Pleton Pengendalian Massa dalam konteks kerusuhan yang mungkin terjadi selama tahapan Pemilu 2024, Polres Samosir.

Pleton ini dilatih dalam kegiatan Pleton Dalmas Awal, Tim Negosiator, dan Pleton Dalmas Lanjutan. Tidak hanya itu, personel Polres Samosir juga telah ditugaskan sebagai massa sebagai langkah antisipatif.

Pelatihan Pengendalian Massa ini berlangsung di bawah pengawasan ketat beberapa perwira tinggi Polres Samosir. Dimana Wakapolres Samosir Kompol S. T Panggabean, S. H menjadi pengawas pelatihan, sementara Kabag Ops Kompol M. Hasan, S. H., M. H bertindak sebagai pengawas dan pengendali.

Pelatih Pleton Dalmas dijabat oleh Kasat Samapta AKP Tito Juardi, sementara Kasat Binmas IPTU H Rajagukguk bertanggung jawab atas pelatihan tim negosiator. Seluruh personel dan pelaksanaan pelatihan dipantau oleh Kasi Propam IPDA Darmono Samosir, S.H.

Sebelum memulai pelatihan, Kasi Propam Polres Samosir melakukan pemeriksaan kelengkapan personel sesuai dengan pleton dan tim yang telah ditugaskan.

Kekuatan Dalmas Polres Samosir terdiri dari berbagai pleton dan tim yakni: Danton Dalmas awal Bripka H. Silitonga yang beranggotakan 31 personel, dilengkapi dengan peralatan tali dalmas.

Danton Dalmas lanjutan, Briptu Egidium Silitonga yang beranggotakan 31 personel, dilengkapi dengan peralatan baju dalmas, tameng, tongkat, dan gas air mata.
Simulasi pengendalian massa dalam menghadapi pemilu 2024.
Selanjutnya, tim negosiator yang dipimpin oleh Aiptu HL Situmorang dan beranggotakan 12 personel, dilengkapi dengan peralatan pengeras suara.

Dan tim patroli sebanyak 4 personel, pengamanan lalu lintas dengan 14 personel, pengamanan tertutup sebanyak 12 personel, tim penegakan hukum 14 personel, serta melibatkan tenaga kesehatan, driver, dokumentasi, dan pengawasan personel.

Dalam simulasi pengendalian massa di depan Kantor DPRD, massa yang sedang menyampaikan aspirasi disimulasikan bertemu Anggota DPRD Kabupaten Samosir.

Tim negosiator dan dalmas awal berusaha mencegah akses massa ke gedung DPRD, sambil menjaga dialog yang sopan.

Ketika situasi memanas dan tegang, dalmas lanjutan turun tangan untuk membubarkan massa dengan taktik berlindung, siaga, dan dorongan maju dan massa pun dapat dibubarkan dengan peragaan bentuk formasi paruh lembing.

Kabag Ops Kompol M. Hasan, SH, MH menyampaikan, pelatihan pengendalian massa akan berlangsung setiap hari Sabtu, guna mematangkan persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024 dan pelaksanaan Ops Mantap Brata.

"Pelatihan ini tidak hanya berfungsi untuk menghadapi massa, tetapi juga sebagai pengganti kegiatan olahraga," ujarnya.

Selain kesiapan Polres Samosir dalam menghadapi massa, seluruh personel diingatkan untuk terus berdoa demi kelancaran Pemilu 2024.

Rencananya, akan ada latihan sistem pengamanan kota dengan simulasi situasi nyata.

"Dengan pelatihan dan persiapan yang komprehensif ini, Polres Samosir menunjukkan komitmen kuatnya dalam menjaga ketertiban dan menghadapi situasi yang mungkin timbul selama tahapan Pemilu 2024," pungkasnya.(humaspolressamosir).
×
Berita Terbaru Update