-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Pra RAT di Samosir, KMM Optimis Hadapi Tantangan Tahun 2023

Rabu, 21 Desember 2022 | 13.03 WIB Last Updated 2022-12-21T08:22:57Z
Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM saat membuka Pra RAT KMM wilayah Sumbagut II dan III di Aula SPBU KMM Pangururan.
Samosir(DN)
Meskipun dibayang-bayangi krisis global, Koperasi Makmur Mandiri (KMM) tetap optimis bisa survive dengan memaksimalkan sumber daya.

Hal ini disampaikan Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM saat membuka Pra RAT KMM wilayah Sumbagut II dan III, yang digelar di Aula SPBU KMM Pangururan, Rabu, 21 Desember 2022, Desa Pardomuan 1, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Dijelaskan, pertumbuhan ekonomi pada 2023 menjadi tahun terlemah dimana sejumlah negara diprediksi akan jatuh ke jurang resesi. Ekonomi negara maju bahkan diperkirakan hanya tumbuh 1,3 persen dan negara berkembang 3,6 persen.

Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM mengatakan, proyeksi lemahnya ekonomi tentunya membuat sejumlah pengusaha khawatir dan mulai memikirkan sejumlah jalan untuk bertahan.
Para pengurus KMM wilayah Sumbagut II dan III, Direktur SPBU Pangururan berphoto bersama Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM dan pengurus pusat.
Apalagi dua tahun kemarin dilanda badai pandemi Covid-19, kondisi memprihatinkan, dan akan menghadapi krisis yang lebih parah lagi di tahun depan. 

“Pasti ada rasa khawatir. Tapi kita berusaha tetap bisa survive dengan sumber daya kita yang ada dimaksimalkan. Jadi kita tetap optimis meskipun dibayang-bayangi krisis global,” kata Drs. Tumbur Naibaho MM.

Rasa optimis KMM ini bukan tanpa alasan, pasalnya di tengah tahun sulit masa pandemi Covid-19, kinerja KSP Makmur Mandiri tumbuh signifikan, dimana total aset per November lalu mencapai Rp 1,1 triliun.

Pencapaian ini berkorelasi pula dengan nilai Sisa Hasil Usaha dibagikan yang meningkat dari Rp6 miliar tahun 2021 menjadi Rp13 miliar pada 2022 ini.

KMM juga masih terus melebarkan sayap, kini telah memiliki 180 kantor cabang di 24 provinsi. Dengan posisi KMM yang saat ini termasuk jajaran 100 Koperasi Besar Indonesia, Tumbur menambahkan, jajaran pengurus KMM semakin intens untuk menjaga kinerja agar semakin kokoh menuju posisi koperasi terbaik di tanah air.
Para manajer dan wakil manajer 12 cabang KMM di Kabupaten Samosir.
Lantaran itu, terobosan usaha senantiasa dilakukan, tidak hanya penambahan kantor, juga peningkatan aset, anggota dan peningkatan layanan kepada anggota dengan transformasi digital, Makmur Mandiri Mobile, semakin digencarkan.

"Kami tetap menyusun rencana kerja dan anggaran tahun 2023, dengan pola bottom up concept. Tetap mengutamakan pelayanan dan kesejahteraan yang lebih baik kepada anggota dan peningkatan bisnis yang profit oriented,” ujar suami Jusniar Simbolon itu.

"Kami memandang positif ancaman resesi sebagai momentum untuk mengubahnya menjadi peluang,” timpalnya lagi.

Untuk itu, dirinya berharap para pengurus cabang di Sumbagut II dan III untuk semakin berpancu meningkatkan kinerja maupun pelayanan yang terbaik kepada anggota.
Berphoto bersama dengan latar SPBU KMM Pangururan.
Pihaknya juga meminta agar selalu mengedepankan aturan perusahaan, selalu teliti atau cross check dalam memproses dana masuk maupun keluar di cabang masing-masing.

"Ini penting agar anggota dapat merasa nyaman dan percaya dengan KMM. Mari terus tingkatkan kinerja dengan jujur, ramah, senyum dan bersahabat, seperti motto KMM," tuturnya.

Sementara itu, Korwil Sumbagut II, Sondang Sinurat menyampaikan, Pra RAT ini bertujuan untuk menjaring aspirasi maupun upaya mencari ide-ide jitu dan segar dari para pimpinan cabang di Sumbagut II dan III maupun dari anggota.

"Pra RAT ini tidak hanya mengevaluasi program kerja setahun di belakang, dan proyeksi usaha ke depan, tetapi juga anggota umum memberikan berbagai ide-ide segar yang akan dibawa ke ajang RAT KMM di tingkat pusat pada awal tahun 2023 mendatang," sebutnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update