-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Kota Pangururan Mulai Ditata, Masyarakat Gelar Ritual Penebangan Pohon Sakral

Kamis, 07 April 2022 | 15.03 WIB Last Updated 2022-04-08T04:41:55Z
Ritual penebangan pohon Beringin di kawasan Tugu Kolonel Liberty Malau Pangururan.
Samosir(DN)
Saat ini pemerintah pusat sedang menata Kota Pangururan, Kabupaten Samosir. Melalui program penataan kawasan kumuh perkotaan (kotaku), nantinya kawasan Tugu Kolonel Liberty Malau akan dijadikan sebagai taman kota.

Guna memuluskan penataan tersebut, masyarakat sekitar lokasi proyek menggelar ritual penebangan pohon berjenis Beringin di lokasi Tugu Kolonel Liberty Malau, Kecamatan Pangururan, Kamis (7/4/2022).

Dalam ritual tersebut, Abidan Naibaho selaku tokoh spiritual di Pangururan memimpin acara sebagaimana tata cara kearifan lokal adat Batak yang dilakukan nenek moyang terdahulu.

Seperti biasanya, dalam ritual adat Batak untuk acara ini, dilengkapi dengan sesajen berbagai jenis makanan lalu dibawa dalam doa bersama atau dalam bahasa Batak disebut "Martonggo".
Berphoto bersama dengan latarbelakang pohon Beringin yang hendak ditebang.
Setelah siap melaksanakan ritual, tim yang ditugaskan melakukan penebangan pohon Beringin tersebut. Penebangan dilakukan bukan untuk keseluruhan bagian pohon, melainkan sebagian guna menatanya.

Menurut keterangan Yanti Oppusunggu selaku Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Bappeda Litbang Kabupaten Samosir, nantinya kawasan Tugu Kolonel Liberty Malau akan dijadikan sebagai Taman Kota Pangururan.

Acara ritual penebangan pohon ini sendiri dihadiri Dinas Lingkungan Hidup, Bidang Sarana dan Prasarana Bappeda Litbang, Lurah Pasar Pangururan, Danramil Pangururan, Camat Pangururan, Ketua FKTM (Forum Komunikasi Tokoh Masyarakat), Tim Kotaku dan para tokoh adat lainnya.(red).
×
Berita Terbaru Update