-->

Notification

×

iklan

Iklan

Salah Satu Rumah di Rianiate Memprihatinkan, Kadis Pera KPP Samosir: Telah Masuk BSPS

Selasa, 25 Mei 2021 | 18.37 WIB Last Updated 2021-05-26T06:38:35Z
Pemerhati sosial, Ria Gurning bersama rombongan saat berkunjung ke salah satu rumah di Desa Rianiate yang cukup memprihatinkan.(ist).
Samosir(DN)
Rumah tempat tinggal salah satu warga di Desa Rianiate Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, mendapat sorotan dari pemerhati sosial, Ria Gurning.

Pasalnya, kondisi rumah yang terbuat dari papan tersebut sangat memprihatikan. Ria Gurning yang berkunjung ke rumah warga tersebut pada Rabu, 19 Mei 2021, mengaku miris. Ria Gurning pun berencana membangun rumah tersebut agar layak huni.

Menyikapi itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan (PERA-KPP) Kabupaten Samosir, Hut Isasar Simbolon menyampaikan bahwa rumah tersebut telah masuk dalam bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR RI Tahun 2021.

"Rumah tersebut bukan tidak tersentuh perbaikan dari pemerintah. Namun saat ini masih terkendala status kepemilikan tanah. Karena rumah tersebut berdiri di tanah yang bukan miliknya," kata Hut Isasar Simbolon kepada wartawan, Selasa, 25 Mei 2021.

Menurutnya, status kepemilikan tanah merupakan syarat utama bagi mereka yang ingin mendapatkan program bedah rumah dari pemerintah. Sehingga membuat rumah tersebut belum bisa dibedah.

Bukan tanpa upaya, Hut menjelaskan bahwa saat ini sudah dalam pengurusan. Sedang diupayakan, agar bantuan bedah rumah itu bisa dipindahkan dan dibangun di tanah miliknya sendiri.

“Kalau misalkan langsung dibedah, sementara tanah yang ditempati bukan milik yang bersangkutan, khawatirnya nanti yang punya tanah akan berupaya mengakui bangunan itu,” terangnya.

"Intinya kita berupaya agar secepatnya rumah tersebut dibedah sehingga mereka tidak lagi menempati rumahnya yang sudah tidak layak huni itu," pungkas Kadis Pera KPP Samosir.(red).
×
Berita Terbaru Update