-->

Notification

×

iklan

Iklan

Tipa-tipa, Serealnya Orang Batak

Senin, 12 April 2021 | 19.47 WIB Last Updated 2021-04-12T14:53:14Z
Tipa-tipa.(Grid.id).
Toba(DN)
KULINER Batak terkenal dengan olahan dagingnya. Pemilihan bahan dan citarasa khas dari bumbu lokal membuatnya berbeda dengan masakan-masakan dari daerah lain.

Tapi tak hanya olahan daging atau ikan, hidangan Batak juga punya penganan terkenal. Coba kamu cicipi tipa-tipa. Kue kering ini sangat dikenal karena sulit ditemukan di tempat lain. Bahannya dari padi yang masih muda.

Tipa-tipa tepatnya berasal dari Kabupaten Toba. Toba sendiri merupakan salah satu daerah wisata di Sumut, yang mengeliling pusat wisata Danau Toba. Pemandangan danau vulkanik terbesar dunia ini terkenal cukup indah di Ibu Kota Balige.

Kembali ke tipa-tipa. Makan ringan ini disebut juga emping padi, bahkan ada yang menyebut serealnya orang Batak. Bahan utama padi pertama-tama direndam beberapa malam.

Setelah melewati perendaman, ditiriskan kemudian padi tersebut digongseng hingga mencapai tingkat kematangan tertentu. Dalam keadaan masih panas padi yang sudah digongseng tersebut ditumbuk.

Makanya dinamakan tipa-tipa karena arti tipa-tipa adalah ditumbuk berulang kali yang menggambarkan proses pembuatan cemilan ini. Setelah ditumbuk maka dilakukan pembersihan beras dari kulitnya dengan cara ditampi, setelah dibersihkan tipa-tipa siap disantap.

Teksturnya keras ketika dikunyah. Tipa-tipa secara tradisional dinikmati langsung sebagai camilan sebagai teman kopi atau teh. Dan biasanya dimakan dengan campuran kelapa parut dan ditambahkan sedikit gula atau garam sesuai dengan selera masing-masing.

Ada juga yang menikmatinya seperti sereal dengan mencampurnya dengan susu atau menjadikannya bubur.

Aroma tipa-tipa ini sangat khas dan terasa pada saat dimakan. Namun bagi yang belum biasa akan terasa aneh saat memakannya. Sebab saat dimakan gigi dan rahang kita akan terasa gemetar dan keram, karena teksturnya masih hampir seperti beras yang belum dimasak.

Kalau kamu ke Sumatera Utara, mencoba tipa-tipa boleh juga sebagai pengalaman berwisata kuliner kamu di Tanah Batak. Kini makanan ini tak hanya ditemukan sebagai sajian keluarga atau kala panen tiba, tipa-tipa kini naik daun sebagai salah satu buah tangan laris dari Toba.(red/merahputih.com).
×
Berita Terbaru Update