-->

Notification

×

iklan

Iklan

Kembangkan Cabang KMM Ronggurnihuta, Hosman Sagala Andalkan Kerjasama Tim

Rabu, 20 Januari 2021 | 13.42 WIB Last Updated 2021-01-20T09:01:22Z
Kantor pusat KMM di Bekasi Jawa Barat.
Samosir(DN)
Dihunjuk menahkodai cabang baru Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri ke-10 di Kabupaten Samosir yakni cabang Ronggurnihuta, Hosman Sagala mengaku siap untuk menjalankan amanah.

Belajar dari pengalaman kala dipercaya memimpin KMM cabang Tomok, saat dikonfirmasi, Hosman Sagala menjelaskan, dalam hal pengembangan KSP Makmur Mandiri khususnya di cabang Ronggurnihuta, ia mengandalkan kerjasama tim untuk mencapai tujuan.

"SDM yang ada, mulai dari staf hingga level manager kita harapkan saling bersinergi untuk merintis cabang KMM Ronggurnihuta yang baru diawal tahun 2021 ini didirikan," ujar Hosman Sagala, Rabu, 20 Januari 2021.

Pria yang beberapa waktu lalu dipercaya sebagai pengawas SPBU Pangururan (PT Karunia Putri Sejati Makmur Mandiri) ini, ia bersama tim, melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan mengedepankan semangat kekeluargaan.

Terutama kepada calon anggota yang ingin bergabung tanpa melihat perbedaan, menjalankan prinsip koperasi seusai dengan visi dan misi koperasi, dan menjalankan kegiatan usaha sesuai dengan SOP.

"Kami akan berusaha bahu-membahu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin bergabung menjadi anggota. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan bersama yang dapat membawa keuntungan untuk semua," tambahnya.
Peresmian cabang KMM Samosir 10 di Ronggurnihuta pada awal Januari 2021 kemarin.
Menurutnya, koperasi usaha simpan pinjam selalu berkembang sejalan dengan perkembangan jumlah anggota. Hal itu tidak lepas dari sistem penerimaan anggota yang cukup selektif, dengan harapan menghasilkan anggota yang berpartisipasi aktif dalam menunjang segala usaha koperasi.

Selektifitas penerimaan anggota, jelas Sagala, dilakukan dengan pertimbangan agar kemampuan koperasi baik dalam permodalan, sarana dan sumber daya manusianya dapat seimbang dengan perkembangan jumlah anggota sehingga pelayanan kepada anggota dapat maksimal.

“Adanya kerjasama yang baik dan kepercayaan penuh dari masyarakat terhadap segala bentuk pelayanan KSP Makmur Mandiri akan dapat mencapai perkembangan usaha yang dicita-citakan bersama," ungkap Hosman.

Manajer KMM Cabang Ronggurnihuta ini optimis dengan hadirnya KSP Makmur Mandiri sebagai koperasi yang benar dan mengelola usaha koperasi sesuai dengan amanah undang-undang, akan mendapat respon yang positif dari semua kalangan di Kecamatan Ronggurnihuta.

Dirinya berharap dengan hadirnya KSP  Makmur Mandiri di Ronggurnihuta, masyarakat dapat melihat perbedaan antara koperasi dan rentenir maupun jasa keuangan lainnya semacam bank.

Atas kehadiran KMM di Ronggurnihuta, Camat Ronggurnihuta, Sitor Silalahi menyambut baik. "Terima kasih atas kehadiran KMM di Kecamatan Ronggurnihuta. Semoga kehadiran, warga Kecamatan Ronggurnihuta semakin jaya. Dan semoga masyarakat dapat merasakan kehadiran koperasi tersebut," pungkasnya.
Tabel angsuran pinjaman MURI (Modal Usaha Mandiri).
Genjot Penyaluran MURI
Sementara itu, Ketua KMM, Drs Tumbur Naibaho MM AAAIJ FSAI menambahkan bahwa pembukaan kantor baru ini guna lebih meningkatkan layanan dan kedekatan dengan anggota.

Juga wujud konsistensi koperasi yang didirikan pria kelahiran Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir ini untuk mengapai target 200 cabang yang tersebar di 24 propinsi di tahun 2021. Serta 12 cabang KMM di Kabupaten Samosir.

Suami Jusniar Simbolon ini juga berharap Cabang Samosir 10 dapat menggenjot penyaluran pinjaman Muri kepada anggota. Adapun persyaratan utama produk Muri ini yakni sudah menjadi anggota KSP Makmur Mandiri (memiliki simpanan pokok Rp 1 juta).

"Kita harapkan produk yang juga dikhususkan untuk membantu program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dicanangkan pemerintah, ini bisa semakin dirasakan manfaatnya oleh para anggota KMM pelaku usaha. Karena para anggota KMM mendapatkan tambahan modal kerja sehingga di situasi Covid 19 ini, usaha mereka dapat bangkit kembali," ujar Tumbur Naibaho.

Jika awal launching pada awal Juni 2020 lalu, jasa pinjaman ini dipatok sebesar 2% per bulan, yang beberapa waktu lalu juga sudah dua kali diturunkan menjadi sebesar dari 1,8% hingga 1,5%.
Dalam rangka menyambut HUT ke-12 KSP Makmur Mandiri, jasa pinjaman MURI diturunkan menjadi 1,2 % selama 6 bulan kedepan.
Kini, jasa pinjaman MURI KMM tersebut diturunkan lagi menjadi 1,2%. Dan besaran pinjaman mulai Rp 1 juta sampai 250 juta. Tergantung kepada kelayakan usaha, omzet per bulan, kelengkapan berkas, status kepemilikan tempat usaha dan besarnya nilai agunan pinjaman.

"Dalam rangka menyambut HUT ke-12 KSP Makmur Mandiri pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang, selama enam bulan mulai hari ini 22/12 hingga 22/6 2021, jasa pinjaman produk MURI kembali kita turunkan menjadi 1,2 %," ungkap putra 12 Bersaudara itu.

Program khusus ini berlaku untuk pinjaman pertama MURI, bukan top up dan anggota sudah lunas simpanan pokok 1jt. Untuk pinjaman MURI (tambah pinjam/ top up) ke-2, ke-3, ke-4 dan seterusnya yang realisasi periode 22/12-22/06, jasa pinjaman yang berlaku adalah 1,5%.

"Jangka waktu pinjaman mulai 1 bulan sampai 36 bulan, disesuaikan dengan perputaran usaha dan kemampuan bayar anggota. Untuk usaha dengan perputaran dana harian, disarankan untuk menabung tiap minggu atau dua sampai tiga kali seminggu. Sehingga angsuran bulanan menjadi lebih ringan diambil dari tabungan yang sudah terkumpul," tambahnya.

Wujudkan target pimpinan pusat KMM tersebut, manajer cabang Samosir 10, Hosman Sagala bertekad meningkatkan pemasaran dan menjadikan cabang yang ia pimpin sebagai salah satu cabang Makmur Mandiri terbaik diantara seluruh cabang yang ada.

Guna mewujudkan hal itu, dirinya akan senantiasa menjaga kebersamaan. "Dengan kebersamaan, niscaya program kerja yang disusun dapat dieksekusi sesuai harapan. Dan didukung dengan sikap profesional untuk mencapai tujuan bersama yakni maju dan bertumbuh bersama anggota," tuturnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update