-->

Notification

×

iklan

Iklan

Waspada Modus Penipuan Mengatasnamakan KMM

Jumat, 07 Agustus 2020 | 21.38 WIB Last Updated 2020-08-07T15:14:43Z
Hati-hati Penipuan mengatasnamakan KMM.
Samosir(DN)
Ditengah pesatnya perkembangan teknologi, tak hanya memberi berbagai kemudahan bagi umat manusia. Disisi lain, modus kejahatan dengan bantuan kemajuan teknologi, juga turut berkembang dan tidak sedikit pula yang menjadi korban.

Ada banyak modus yang digunakan. Misalnya, mengaku-ngaku dari perusahaan A menawarkan barang maupun produk dengan membebani biaya sekian Rupiah padahal perusahaan tersebut tidak pernah melakukan itu dan berbagai modus lainnya.

Dalam hal ini, yang dirugikan tidak hanya si korban namun perusahaan yang digunakan sebagai modus penipuan tersebut juga turut dirugikan karena akan berdampak rusaknya nama baik perusahaan itu.
Akun Facebook penipu yang mengatasnamakan KMM.
Untuk kesekian kalinya, penipuan memanfaatkan kemajuan teknologi juga kembali dialami Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri. Ada oknum-oknum yang sengaja mencoba menipu masyarakat untuk memperoleh pinjaman dari Koperasi Makmur Mandiri (KMM) melalui media sosial Facebook.

"Kami menduga karena KMM merupakan Koperasi Berprestasi tingkat nasional, dimana masyarakat sudah mempercayai kredibilitas kami sehingga ada oknum tertentu yang mengatasnamakan KMM untuk menipu masyarakat," kata ketua KMM, Drs. Tumbur Naibaho MM FSAI, Jumat, 7/8.
Jangan percaya akun Facebook ini, karena itu penipuan.
Dijelaskan Tumbur, oknum yang bersangkutan menggunakan media sosial Facebook sebagai cara memperkenalkan KSP Makmur Mandiri kepada masyarakat, memasang iklan melalui Facebook dengan mencantumkan nama dan nomor hp/oknum tersebut agar mudah dihubungi dan sebagai media komunikasi dalam menawarkan pinjaman.

Padahal menurutnya, sampai hari ini 143 kantor cabang KMM yang tersebar di 22 Propinsi di Indonesia, tidak pernah melayani calon anggota maupun pinjaman melalui online terlebih via rekening pribadi.

Sehubungan adanya kasus penipuan yang mengatasnamakan KMM, Suami Jusniar Simbolon ini mengimbau agar masyarakat waspada dan cross check serta utamakan datang langsung ke kantor cabang KMM terdekat.
Akun facebook penipu yang mengatasnamakan KMM.
"Jika ada muncul di fb/medsos iklan pinjaman mengatasnamakan KMM dengan alamat beda dengan 143 kantor cabang kami serta mencantumkan nomor rekening perorangan, itu adalah penipuan," tutur Tumbur Naibaho.

Dari sejumlah akun-akun Facebook yang mencoba menipu masyarakat dengan mengatasnamakan KMM, yang terdeteksi tim IT, ada sejumlah akun facebook yakni.

Tumbur Naibaho memastikan bahwa sejumlah akun dan grup Facebook yang tertera diatas bukan bagian dari koperasi yang ia pimpin.

Nah, untuk terhindar dari penipuan mengatasnamakan KMM, Putra 12 Bersaudara itu mengingatkan agar mewaspadai modus dengan mencantumkan nomor rekening pribadi.

"Masyarakat atau calon anggota bisa memanfaatkan laman website Koperasi Makmur Mandiri berikut ini: Home
untuk melihat langsung produk simpanan maupun pinjaman KMM serta mencek kantor cabang terdekat dengan rumah anda untuk bertransaksi dan mendapatkan juga seputar informasi resmi KMM," pungkas Tumbur Naibaho.(SBS).
×
Berita Terbaru Update