-->

Notification

×

iklan

Iklan

Bupati Samosir Bersama Kaban Ketapang RI Tinjau Pengembangan Usaha Kentang dan Ubi

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 09.12 WIB Last Updated 2020-08-08T04:53:39Z
Kentang hasil usaha tani kelompok tani di Kabupaten Samosir.
Samosir(DN)
Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mendampingi Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng, Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Kementerian Pertanian RI Dr. Andriko Noto Susanto, SP, Mp meninjau kegiatan Pengembangan Korporasi Usaha Tani Kentang dan Ubi Jalar di Desa Partungko Naginjang Kecamatan Harian, Jumat (07/08).

Adapun kelompok tani penerima manfaat program tersebut, adalah; Kelompok Tani Parsorba, Kelompok Tani Maduma, Kelompok Tani Asih Ni Roha, Kelompok Tani Permata Tani Utama, dan Kelompok Tani Karya Subur Jaya.

Dimana Pada tahun 2019, kelompok tani tersebut mendapat bantuan 50.000.000,-, untuk budi daya kentang 3 hektar, dan ubi jalar 2 hektar, perkelompok.
Bupati Samosir bersama Kaban Ketapang RI memanen kentang hasil usaha kelompok tani di Samosir.
Dari hasil produksi petani tersebut, menghasilkan nilai produksi rata rata 102.181.000,-, perkelompok, yang artinya, menghasilkan keuntungan rata rata 50.000.000,-, dari modal awal per sekali panen.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia Agung Hendriadi, yang didampingi Bupati Samosir, meminta kepada kelompok tani untuk terus meningkatkan produksi pertaniannya.

"Baik dengan memanfaatkan hasil usaha tani yang sudah diperoleh, juga melalui perluasan lahan pertanian dengan memanfaatkan lahan lahan yang tidak produktif, dimana pemerintah akan terus mendukung petani," ujarnya.

"Untuk menambah nilai hasil, produksi budi daya kentang, dan ubi jalar, melalui bantuan pemerintah daerah, kelompok tani juga telah memproduksi cemilan, kerupuk kentang, dan ubi jalar yang sudah dipasarkan, diberbagai outlet," sebut Bupati Samosir, Rapidin Simbolon.

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan Rawati Simbolon mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari penjabaran visi Bupati Samosir, yaitu mewujudkan masyarakat Samosir, yang sejahtera, mandiri, dan berdaya saing, berbasis pertanian dan pariwisata.

"Semoga petani samosir, semakin bangkit, dan berjaya," tukasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update