-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Gedung Kejagung Kebakaran, Hanguskan Gedung Utama

Sabtu, 22 Agustus 2020 | 23.01 WIB Last Updated 2020-08-22T17:11:13Z
Gedung Kejaksaan Agung yang kebakaran.(Photo: detik.com).
Jakarta(DN)
Gedung Kejagung hangus dalam sebuah kebakaran yang terjadi pada Sabtu (22/8/2020) malam. Peristiwa di kantor yang terletak di Jalan Sultan Hasanuddin Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini dilaporkan mulai terjadi pada pukul 19.10 WIB.

Dari informasi yang dihimpun, papi mulai terlihat dari lantai 6 ruang biro kepegawaian. Ruang ini terletak di gedung utama Kejaksaan Agung. Asap hitam pekat membumbung tinggi dari gedung yang terbakar tersebut.

Amukan si jago merah juga menyebabkan kaca-kaca gedung pecah. Suara dentuman dari kaca yang pecah beberapa kali terdengar menyelingi suara kobaran api. Ganasnya api juga melalap pohon-pohon yang berada di sekitar gedung. Dari ruang tersebut api kemudian menyambar bagian-bagian lain.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyatakan ruangan yang terbakar adalah ruang intelijen dan ruang SDM. Karena itu dokumen perkara yang ditangani Kejagung dalam kondisi aman dari kebakaran.

Dia pun memastikan kelanjutan penanganan perkara tak terganggu dengan peristiwa kebakaran itu."Saya sdh bcr langsung dgn Jaksa Agung Pak ST Burhanuddin dan JAM Pidum Pak Fadhil Zumhana," tulis Mahfud MD dalam akun twitternya @mohmahfudmd.

Mahfud juga menyampaikan agar spekulasi tak perlu terlalu jauh dikembangkan dalam peristiwa gedung Kejagung kebakaran ini. Selain itu, Mahfud juga menyebutkan gedung tahanan untuk para tersangka ada di bagian lain yang tidak terjangkau oleh api.

"Gedung tahanan ada di belakang gedung yang agak jauh dari kobaran api," tulis mantan Ketua Mahkamah Konstitusi pada pukul 21.10 WIB. Ternyata menurut pantauan di lapangan, ruang kerja Jaksa Agung ST Burhanuddin turut dilalap api.

Burhanuddin yang meninjau kebakaran gedung kejagung memastikan berkas perkara serta alat bukti tidak ada di gedung utama yang terbakar.

"Tapi yang utama, bahwa berkas-berkas perkara tidak ada di sini, yang terbakar gedung pembinaan jadi di situ ada biro kepegawaian, biro keuangan, biro perencanaan, dan biro umum," ujarnya.

Puluhan armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api di gedung kejagung yang kebakaran. "Objek. Kantor Kejaksaan Agung. Pengerahan 38 unit," ujar Humas Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Mulat Wijayanto.(DN/detik.com).
×
Berita Terbaru Update