-->

Notification

×

iklan

Iklan

Pariwisata Samosir Harapkan Kawasan Danau Toba Serempak Terima Kunjungan Wisnu

Sabtu, 04 Juli 2020 | 14.08 WIB Last Updated 2020-07-05T07:09:03Z
Chairman Batu Hoda Beach saat menerima kunjungan Kadispar Toba.
Samosir(DN)
Berbagai daerah di Sumatera Utara saat ini sudah siap dengan era baru atau tatanan hidup baru yaitu New Normal. Sektor pariwisata juga bersiap dengan cara membenahi tempat wisatanya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Salah satu objek wisata sudah menjalankan protokol kesehatan tersebut adalah objek wisata pantai Batuhoda Beach, di Kecamatan Simanindo.

Chairman objek wisata Batuhoda Beach, Ombang Siboro beberapa waktu lalu saat menerima kunjungan Kadispar Toba, terkonfirmasi bahwa Kabupaten Toba sesuai timeline New Normal, sudah akan membuka secara resmi dan menerima kunjungan wisatawan nusantara (wisnu) sejak 1 Agustus 2020 yang akan datang.

Hal ini menurutnya sangat menggembirakan, karena bersamaan jadwalnya dengan Samosir sesuai SOP new-normal yang sudah diedarkan oleh Dispar.

Ombang menambahkan, seandainya kabupaten lain kawasan Danau Toba juga memiliki timeline new normal yang sama dengan Samosir dan Toba tentu sekali sangat baik karena dapat serempak dan bersamaan.

Dengan catatan bahwa salut kepada Simalungun yang sudah lebih dahulu mengambil kebijakan berani dan proaktif dengan membuka diri.

Dalam diskusi dengan Kadispar Toba, kata mantan Kadis Pariwisata Kabupaten Samosir ini, serta saran masukan dari banyak rekan rekan travel agent dan travel operator, baik yang di Kota Medan dan Jakarta menginginkan.

Sebaiknya Kawasan Danau Toba (KDT) secara serentak sudah harus memastikan diri membuka dan menerima Wisatawan Nusantara, dengan penerapan protokol new normal secara tertib dengan peinsip CHS (Clean, Healthy dan Safety) 1 Agustus 2020 itu.

"Secara serentak dan secara bersama mempublikasikan dan mempromosikan secara masif agar bagaimana publik mengetahui kawasan Danau Toba seluruhnya sudah menerima kunjungan wisatawan nusantara dengan protokol new normal,"kata Ombang.

Sementara itu, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, pihaknya sudah menerapkan New Normal Pariwisata sejak 1 Juli 2020. Meski demikian, akan tetap melihat perkembangan dari kasus Covid-19 di Samosir.

"Saat ini, Kabupaten Samosir masuk dalam zona hijau, penerapan new normal pada sektor pariwisata tetap menjalankan protokol Covid-19. Kendatipun pada bulan Agustus mendatang, objek wisata di daerah ini baru dibuka untuk wisatawan nusantara (wisnus)," kata Bupati Rapidin, Jumat (03/07/2020).

Menurut Rapidin, saat ini pengelola tempat wisata harus mempersiapkan jika ingin pariwisata dibuka kembali. Salah satunya dengan mulai menyiapkan protokol kesehatan di tempat wisata seperti tempat cuci tangan, semprotan disinfektan, dan lainnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update