-->

Notification

×

iklan

Iklan

Hadiri Pelantikan Panwascam, Ketua DPRD Samosir Ingatkan Jaga Independensi

Senin, 23 Desember 2019 | 13.30 WIB Last Updated 2019-12-23T12:09:49Z
Ketua DPRD Samosir, Saut Tamba saat menyampaikan sambutannya.
Samosir(DN)
Sebanyak 27 Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di sembilan kecamatan se-Kabupaten Samosir dikukuhkan, Senin (23/12/2019) di Ballroom Hotel JTS Parbaba, Kecamatan Pangururan.

Pelantikan ini merupakan bentuk pengukuhan Panwascam Kecamatan terpilih yang akan melaksankan tugas pengawasan di kecamatan masing-masing.

Acara ini turut dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Samosir, Anggiat Sinaga, Anggota Bawaslu Kabupaten Samosir, Robintang Naibaho, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Samosir, Sirimrolas Sivakkar, seluruh jajaran staf sekretariat Bawaslu Kabupaten Samosir serta Panwas Kecamatan se-Kabupaten Samosir yang akan dilantik.

Serta undangan yang hadir, Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Saut Tamba, Wakil Bupati, Juang Sinaga, Kepala Kesbangpol, Paris Manik, serta Perwakilan Polres Kabupaten Samosir, Vandu P. Marpaung dan Adriyanto Sinaga serta insan pers.

Ketua DPRD Samosir, Saut Tamba dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran dan posisi panwascam sangat strategis dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Samosir tahun 2020.

Menurutnya, salah satu aspek penting bagi legitimasi sebuah pemilihan kepala daerah adalah terselenggaranya pengawasan yang baik.
Wakil Bupati Samosir saat sampaikan sambutannya.
“Melalui pengawasan yang baik proses dan mekanisme pemilu akan selalu terjaga sesuai koridor aturan. Sehingga hasil pemilu benar dapat diterima seluruh masyarakat dan menghasilkan pemimpin yang amanah,” kata Saut Tamba.

Sehingga ia meminta agar panwascam yang dilantik tidak tergiur oleh bujuk rayu calon maupun tim sukses. Tetap independen dalam menjalankan tugasnya.

Pengambilan sumpah para panwascam terpilih dilakukan oleh Ketua Bawaslu Samosir, Anggiat Sinaga didampingi Komisioner lainnya, Robintang Naibaho. Dan usai pelantikan akan dilakukan pembekalan internal dan pemilihan ketua Panwascam.

Dalam sambutan Ketua Bawaslu RI, Abhan, yang dibacakan Anggiat Sinaga harapkan, agar Panwas Kecamatan yang terpilih dapat menjalankan tugas sebaik mungkin, menjaga integritas dan kridibilitas, serta selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat menjalankan tugas sebaik mungkin.
Berphoto bersama seusai pelantikan.
”Panwas Kecamatan terpilih adalah orang-orang pilihan yang sesuai ekpektasi kita semua. Keterpilihan sahabat-sahabat Panwas Kecamatan melalui kompetisi yang sehat, untuk itu saya berpesan agar semua dapat menjalankan tugas sebaik mungkin, menjaga nama baik keluarga besar, dengan selalu tunduk dan patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-udangan," kutipan sambutan Ketua Bawaslu RI.

Anggiat Sinaga juga berpesan kepada seluruh Panwas Kecamatan untuk tetap menjaga nama baik Bawaslu, intergritas adalah hal yang utama, dan tetap menekankan kerjasama.

"Ingat integritas adalah yang utama. Tidak ada gunanya kita pintar, banyak relasi namun tidak memiliki integritas. Harapan kami dari Bawaslu Kabupaten Samosir, semoga dapat bekerjasama menjalankan tugas sehingga kedepan pesta Demokrasi Pilkada 2020 dapat berjalan dengan baik," pungasnya.

Selain itu, Robintang Naibaho juga turut memberikan sambutan. Dia menambahkan agar Panwas Kecamatan yang dilantik tetap menjaga integritas, loyalitas, profesionalitas, dan indenpendensi.

"Bekerja bukan lagi hari kerja tetapi hari kalender. Sehingga ketika melaksanakan tugas pengawasan, tidak ada alasan lainnya,’’ tegasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update