-->

Notification

×

iklan

logog

Iklan

logog

Pemkab Samosir Tanam Perdana Padi Gogo Bersama Poktan St. Adrianus Peajolo Desa Maduma

Kamis, 30 Mei 2024 | 22.56 WIB Last Updated 2024-05-30T15:56:38Z
Pemkab Samosir lakukan penanaman perdana padi Gogo bersama kelompok tani St. Adrianus Peajolo.
Samosir(DN)
Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melakukan penanaman perdana Padi Gogo bersama dengan Kelompok Tani St. Adrianus Peajolo, Desa Maduma, Kecamatan Simanindo, Kamis (30/5).

Penanaman akan dilakukan secara bertahap dilahan seluas 2 Ha, yang diawali dengan penanaman secara simbolis oleh Bupati Samosir yang diwakili Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom, SP, MP, Ketua Kelompok Tani Edward Turnip, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Rimbun Mawarni A. Sinaga, Kepala Desa Maduma Daya M. Turnip, Babinsa, petugas PPL, serta mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Medan.

Tumiur Gultom menjelaskan, program penanaman Padi Gogo ini merupakan program pemerintah pusat melalui APBN Kementerian Pertanian TA. 2024, sebagai salah satu strategi untuk mengantisipasi krisis pangan, dimana Padi Gogo merupakan jenis padi yang ditanam dilahan kering dengan sistem pengairan hanya mengandalkan air tadah hujan.

Untuk Kabupaten Samosir, Kementan akan memberikan dukungan benih dengan kuota untuk 500 Ha, namun pada saat ini Dinas Ketapang dan Pertanian masih mengumpulkan 170 Ha CPCL (Calon Petani dan Calon Lokasi), sembari menunggu datangnya benih dari Kementerian Pertanian.

Adapun jenis benih yang ditanam adalah Padi Gogo varietas Sigambiri Merah yang sudah terstandar oleh Kementerian.

"Karena masyarakat sudah mempersiapkan lahan, dan sudah siap untuk ditanami, maka benih yang kita tanam hari ini masih diupayakan oleh Dinas, sembari menunggu turunnya benih dari pemerintah pusat," terang Tumiur Gultom.(Infosamosir).
×
Berita Terbaru Update