-->

Notification

×

iklan

Iklan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu Tebar 30.000 Benih Ikan Nila di Perairan Samosir

Kamis, 25 April 2024 | 05.01 WIB Last Updated 2024-04-25T08:10:56Z
Penaburan benih ikan ke Danau Toba.
Samosir(DN)
Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provsu melalui UPTD Budidaya Ikan Air Payau dan Laut, bersama dengan Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir melakukan penaburan benih (restocking) 30.000 ekor benih Ikan Nila di perairan Danau Toba, tepatnya seputaran Pelabuhan Ambarita, pada Rabu (24/4).

Penaburan benih ini, kata Dodianto, S.Pi selaku Kepala Seksi Produksi UPTD Budidaya Ikan Air Payau dan Laut, Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu, merupakan agenda rutin setiap bulan yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu dalam menjaga populasi dan ketersediaan ikan di Danau Toba, yang benihnya berasal dari Puspik (Pusat Pembibitan Ikan) Ambarita.

"DKP Provsu melakukan penaburan benih ikan rutin di Danau Toba dengan target 300.000 ekor per tahun, ditambah dengan permintaan-permintaan lain dari Pemda, organisasi, kelompok maupun masyarakat yang memohon permintaan bibit ikan untuk ditebar di Danau Toba," katanya.

Kabid PSP dan Kesesuaian Lahan Dinas Ketapang dan Pertanian SM. Manik, SP, MM, menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu, yang selama ini tetap konsisten dalam melakukan restocking di Danau Toba sebagai upaya meningkatkan produksi dan menjaga habitat ikan di perairan Danau Toba.

"Kita berharap masyarakat sekitar agar secara bersama-sama ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian Danau Toba," ujarnya.

Kabid Perikanan Ronny Sitanggang, mengharapkan DKP Provsu melalui Puspik Ambarita, agar restocking juga dilakukan di embung, pea/situ (danau kecil) yang berada di daratan Pulau Samosir. Selain sebagai upaya peningkatan produktifitas ikan, juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.(Infosamosir) 
×
Berita Terbaru Update