-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Polres Samosir Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba

Kamis, 21 Desember 2023 | 10.01 WIB Last Updated 2023-12-21T03:01:48Z
Apel gelar pasukan operasi lilin Toba 2023.
Samosir(DN)
Polres Samosir melaksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2023 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di Wilayah Hukum Polres Samosir, Kamis, 21 Desember 2023, Tanah Lapang Pangururan.

Adapun yang bertindak sebagai pimpinan apel adalah Wakapolres Samosir, Kompol S.T Panggabean, S.H, perwira apel yakni Kasat Lantas Polres Samosir AKP Yuswanto, S.H dan Komandan Apel yakni KBO Sat Intelkam Polres Samosir Ipda D. B Siregar, S.H.

Apel gelar pasukan dihadiri oleh Asisten I Pemkab Samosir Tunggul Sinaga, Pabung Kodim 0210/TU Samosir Kapten G. Sebayang, Kasi Intel Kejari Samosir Richard Simaremare, Pimpinan SKPD Pemkab Samosir, PJU Polres Samosir, Para Kapolsek, Para Danramil dan camat se-Samosir. 

Peserta Apel Gelar Pasukan yakni Pleton Personil TNI, Pleton Perasonil Dalmas, Pleton Intelkam dan Reskrim, Pleton Dishub, Pleton Pramuka.
       
Wakapolres Samosir selaku pimpinan apel gelar pasukan membacakan Amanat Kapolri yakni "Apel Gelar Pasukan adalah pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

Penekanan bapak Presiden Joko Widodo bahwa, "Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok.

Survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi. Pengamanan Natal dan tahun baru, Polri didukung TNI, KL, Pemda, Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait.

Adapun Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi "Operasi Lilin 2023" digelar selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024. Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Pada sisi kamnseltibcar lantas, Polri bersama stakeholder terkait telah menerbitkan SKB yang memuat tentang pembatasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalu lintas, pengendalian preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya.

Serta melakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah agar dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian tahun.

"Pada pengamanan perayaan malam tahun baru, lakukan pengamanan pada setiap giat keramaian dengan maksimal, terutama yang melibatkan massa dalam jumlah besar," ujarnya.

Selain itu, lakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis serta tingkatkan pengawasan distribusi handak komersial maupun petasan agar kegiatan berjalan dengan aman.

Lakukan monitoring ketersediaan pasokan dan fluktuasi harga Bapokting, lakukan monitoring ketersediaan stok BBM dan berikan dukungan kepada pertamina agar dapat melayani masyarakat dengan baik.

Optimalkan fungsi command center yang dilengkapi berbagai fitur modern yang terintegrasi dengan CCTV di lapangan
agar pengawasan dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara cepat dan tepat, serta seluruh personel di lapangan dapat bekerja secara terpadu.

Terus tingkatkan sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas, karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan operasi. "Kepada seluruh personel agar senantiasa menjaga kesehatan. Jadikan pengamanan Natal dan tahun baru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah."

"Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita
semua sehingga melahirkan semangat serta harapan baru, demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045," pungkasnya.(humaspolressamosir).
×
Berita Terbaru Update