-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Galakkan Kolam Darat, Pemkab Samosir Beri Bantuan Kepada 7 Pokdakan

Jumat, 22 Desember 2023 | 09.38 WIB Last Updated 2023-12-23T10:57:01Z
Bupati Samosir bersama Ketua KTNA, Kadis Ketapang dan Pertanian dan Camat Nainggolan memberikan makan ikan lele milik Pokdakan Milenial.
Samosir(DN)
Pemerintah Kabupaten Samosir berkomitmen menggalakkan program pengembangan kolam darat untuk meningkatkan produksi perikanan.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan memberikan dorongan dan dukungan kepada para peternak yang bernaung dalam Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan).

Kali ini, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom bersama Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Pantas Marroha Sinaga dan Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom menyerahkan bantuan terpal kolam ikan kepada Pokdakan yang digelar di Desa Sipinggan Kecamatan Nainggolan, Kamis, 21/12.
Bantuan terpal diberikan kepada Pokdakan Milenial Desa Sipinggan sebanyak 5 terpal, Pokdakan Bambu Kuning Desa Sinaga Uruk Pandiangan sebanyak 11 terpal, Pokdakan Batu Guru Desa Pangaloan sebanyak 5 terpal, Pokdakan Martala Gumba Desa Toguan Galung sebanyak 5 terpal, Pokdakan Sehati Desa Lintong Nihuta sebanyak 11 terpal,  Pokdakan Holong Desa Salaon Dolok sebanyak 3 terpal, Pokdakan Banua Raja Desa Sabulan sebanyak 10 terpal.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom menjelaskan, pemberian bantuan bersumber dari APBD Kabupaten Samosir Tahun 2023. Bantuan diberikan untuk membantu Pokdakan dikarenakan tekstur tanah kolam darat di Samosir tidak dapat menahan air.

"Kita berharap melalui pemberdayaan petani ikan kolam darat ini, dapat membantu pemenuhan konsumsi ikan di Kabupaten Samosir," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menekankan pokdakan untuk memanfaatkan bantuan sebaik mungkin, dipasang sehingga selanjutnya akan dibantu bibit ikan.
Penyerahan bantuan terpal kepada Pokdakan.
Untuk menjaga kebersihan Danau Toba sebagaimana yang ditetapkan Pemerintah atasan saat ini, Vandiko berharap budidaya ikan melalui kolam darat dapat mengganti keramba atau kolam ikan di Danau Toba.

"Dengan bantuan ini, semoga perekonomian masyarakat tetap terjaga dan tidak lagi melakukan budidaya ikan di Danau Toba, yang mana alam harus kita jaga agar tetap lestari," ucap Vandiko. 

Bupati Samosir menegaskan, penyuluh perikanan untuk benar-benar membantu Pokdakan, sebaliknya Pokdakan diharapkan mau belajar dan bertanya kepada penyuluh sehingga budidaya ikan berhasil dan menjadi contoh bagi petani ikan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir meninjau kolam darat milik Pokdakan Milenial yang masih belum memiliki terpal, dan memberi makan ikan. 

Ketua KTNA yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Samosir, Pantas M. Sinaga, mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemkab Samosir dalam membantu budidaya kolam darat.

Kedepan diharapkan bantuan dan perhatian kepada pembudidaya ikan bisa berlanjut guna meningkatkan ekonomi masyarakat Samosir. 

Turut hadir, Kabid Perikanan, Ronny Sitanggang bersama penyuluh, Camat Nainggolan Tino Nainggolan, Kepala Desa Pangaloan, Donal Lumban Raja, tokoh masyarakat Marko Siringoringo dan masyarakat penerima bantuan.(SBS).
×
Berita Terbaru Update