-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Pasca Docking, KMP Tao Toba I Berlayar Perdana

Kamis, 28 Desember 2023 | 18.53 WIB Last Updated 2023-12-28T11:53:19Z
Usai renovasi total, KMP Tao Toba berlayar perdana.
Samosir(DN)
Setelah hampir setahun masuk dapur docking dan renovasi total, akhirnya PT Gunung Hijau Megah (PT. GHM) meluncurkan KMP Fery Tao Toba I melayani penumpang pada libur akhir tahun. Fery Tao Toba I berlayar perdana dari Tomok, Kabupaten Samosir menuju Ajibata Kabupaten Toba, Kamis (28/12).

Pimpinan PT GHM, melalui Direktur Susan Hasiani Sitanggang, menyampaikan terimakasih atas doa dan dukungan mayarakat, sehingga kerinduan pelanggan dan penikmat layanan KMP Fery Tao Toba I dan II kini terjawab sudah.

Susan juga berharap, kiranya kebosanan penumpang saat menunggu antrian disepanjang jalan menuju dua dermaga yang bersekatan di Ajibata, bakal terurai. Sebab selain Fery yang lain KMP Tao Toba I dan II sudah bisa saling mengisi, dimana KMP Tao Toba I dan II sudah bisa saling berpapasan di tengah Danau demi melayani penumpang Ajibata-Tomok.

Daniel Simanjuntak, Pengawas dan Penanggungjawab Operasional KMP Tao Toba I dan II didampingi Nurli Sirait bagian Humas dan Andre, menyampaikan, kesuksesan KMP Tao Toba I ini sungguh hasil kerja maksimal semua pihak management bersama para komisaris, dan komisaris utama.

“Kita di lapangan senantiasa berjuang keras, untuk mempersiapkan KMP Tao Toba I ini sesuai dengan standar operasional dari Kementerian Perhubungan, dan kita ikut aturan pemerintah. Kami menyesuaikan diri atas ketaatan itu, dan tentu kami juga berharap supaya dalam regulasinya (pengaturan jadwal berlayar) dengan pihak lain tetap mempertimbangkan keberadaan dan kesiapan kita sebagai Operator KMP Tao Toba I dan II,” kata Daniel.

“Benar kita di pihak swasta, tetapi jangan lupakan disaat KMP Tao Toba I dan II sebagai pelopor pembangunan untuk Wilayah Samosir dan sekitarnya. Maka kami berharap Pemerintah dengan kewenangannya tetap membantu dan memperhatikan pengusaha swasta yang turut serta menyumbangkan karyanya dalam mengisi pembangunan di seputar Danau Toba lewat jasa transportasi air di Danau Toba,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba Rijaya Simarmata, membenarkan bahwa KMP Tao Toba I tadi sudah berlayar perdana.

Dan untuk sementara KMP Tao Toba I diberikan persetujuan berlayar dari jam 06.00 Wib sampai pukul 18.00 Wib, dan pesan ke operator kapal tetap menjalin komunikasi dengan KSOPP Danau Toba di bidang keselamatan pelayaran baik ke Polri dalam hal pengamanan dan keamanan dan Dishub kabupaten, dalam rangka kelancaran operasional di pelabuhan.

Rijaya juga menyampaikan kapasitas angkut sementara untuk Kmp Tao Toba I juga masih dibatasi sebanyak 25 unit kendaraan kecil, sampai uji coba ini berhasil.

Hal ini dilakukan agar anak buah kapal dapat melakukan familiarisasi terhadap seluruh  peralatan di kapal baik mesin, alat navigasi, radio dan lainnya.

“Jadi terkait jadwal berlayar dari jam 6 sampai jam 18, sampai KMP Tao Toba 1 memiliki radar, baru bisa diijinkan berlayar pada malam hari. Jadwal belum diberikan ke KSOPP untuk malam hari, tapi besok kita sudah dapat nanti home base 1 di Ajibata satu lagi di Tomok,” katanya.

Berlayar perdana ini juga disaksikan Kapolsek Simanindo AKP Nandi Butarbutar bersama stakeholder yang ada di Tomok, Samosir, dan KMP Tao Toba I ini disambut hangat ratusan pengunjung yang sudah antri di Pelabuhan Fery Ajibata.(Red/rel).
×
Berita Terbaru Update