-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Jelang Event Aquabike Jetski World Championship, Pemkab Samosir Gelar Ritual Adat Batak

Senin, 20 November 2023 | 16.24 WIB Last Updated 2023-11-20T10:46:39Z
Ritual adat Batak untuk kesuksesan pelaksanaan event Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba.
Samosir(DN)
Pemerintah Kabupaten Samosir bersama Lembaga Adat dan Budaya Desa Pardomuan I menggelar ritual budaya untuk kesuksesan pelaksanaan event Aquabike Jetsky World Championship 2023 di zona 4, Waterfront City Pangururan, Senin, 20/11.

Ritual budaya Batak dilakukan oleh Lembaga Adat dan Budaya Desa Pardomuan I melalui Turpuk Siopat Ina (Simbolon, Tamba Tua,  Nadeak, Silalahi). Ritual merupakan kebiasaan masyarakat sekitar Danau Toba saat menghelat sebuah acara. 

Bupati Samosir diwakili Staf Ahli Rudi SM. Siahaan menyampaikan pelaksanaan ritual merupakan bagian dari budaya Batak. Ditambahkan, dalam menyambut perhelatan akbar di Danau Toba, Pemkab Samosir telah melaksanakan secara kerohanian dan sekarang dari sisi adat budaya.

Rudi berharap, acara ritual adat dapat dilaksanakan sesuai dengan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan masyarakat Turpuk Siopat Ina sebagai tuan rumah penyelenggaraan event.

"Acara adat dan doa tersampaikan dengan baik sehingga apapun kegiatan yang dilaksanakan akan sukses dan lancar," kata Rudi. 

Ritual Adat dan Budaya diawali dengan penyampaian perlengkapan ritual dari Turpuk Siopat Ina kepada pemimpin ritual (panuturi). Selanjutnya Panuturi, Abiden Naibaho menyampaikan segala permintaan diiringi Gondang (alat musik Batak).

Dalam hal ini Abiden membawa anggir (jeruk purut) dengan penyampaian doa-doa jeruk purut diletakkan diatas air Danau Toba. Melalui doa dan uning-uningan yang disampaikan, dipercaya acara akan berjalan dengan baik untuk kejayaan pariwisata Samosir.

Ketua Lembaga Adat dan Budaya Desa Pardomuan I , melalui Turpuk Siopat Ina, A. Murni Simbolon (Simbolon, Tamba tua, Silalahi, Nadeak) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Samosir atas kepercayaan dan penghargaan terhadap adat dan budaya. 

A. Murni mengatakan, penyelenggaraan ritual merupakan bagian adat dan budaya, dengan harapan Tuhan menjauhkan aral melintang, acara sukses dan masyarakat akan bersukacita.

"Terkhusus pembangunan WFC, sebagai awal peresmian dan kesuksesan event Aquabike,  kami sebagai masyarakat yang berdomisili di  Desa Pardomuan I, turpuk ni Simbolon Turpuk Siopat Ina menyelenggarakan kegiatan ritual dan kami percaya dengan segala budaya ini,"
Kata A. Murni.

Ditambahkan, kegiatan tersebut merupakan wujud menghargai dan menghormati kearifan lokal yang berlaku di tengah-tengah masyarakat di kawasan Danau Toba.

Turut hadir, SAB, Rudi SM. Siahaan, Hermin Esti Setiawaty dari Kemenkomarves, PPK Water Front City, Enda Simakasura Ketaren, tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Pardomuan I Kecamatan Pangururan.(infosamosir).
×
Berita Terbaru Update