-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Serentak se-Indonesia, Polres Samosir Tanam Pohon di Lereng Pusuk Buhit

Rabu, 23 Agustus 2023 | 14.16 WIB Last Updated 2023-08-24T01:18:03Z
Kapolres Samosir melakukan penanaman pohon.
Samosir(DN)
Sebagai bagian dari perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, hari ini Rabu 23 Agustus 2023 pukul 08.15 WIB, dilaksanakan kegiatan penghijauan berupa penanaman bibit pohon secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati momen bersejarah dan menjaga lingkungan alam.

Lereng Gunung Pusuk Buhit Sigulatti di Kecamatan Sianjur Mula-mula Kabupaten Samosir, menjadi tempat pelaksanaan kegiatan.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh antara lain Asisten I Setda Kabupaten Samosir Tunggul Sinaga, M.M. mewakili Bupati Samosir, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, S.H., S.I.K., M.H., Danramil 03 Pangururan Kptn Inf Sugino Mewakil Dandim 0210 TU, Kajari Samosir Andi Andikawira Putera, S.H., M.H, Kalapas Pangururan, Kadis Pariwisata, Ketua Bhayangkari Cabang Samosir Ny Widia Hardiman beserta Pengurus, Camat Pangururan, Camat Sianjur Mula-mula, PJU Polres Samosir.

Menariknya, penghijauan ini juga memiliki dimensi virtual. Pada pukul 07.30 WIB, giat ini dimulai secara virtual melalui aplikasi zoom meeting oleh Mabes Polri yang dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Dan diikuti oleh kapolda dan kapolres dari seluruh penjuru Indonesia.

Kapolri sendiri memulai penanaman bibit dan langsung diikuti oleh para jajaran polda dan polres di seluruh Indonesia dan polsek jajaran Polres Samosir.

Dalam acara ini, Kabupaten Samosir menyiapkan 1.500 batang bibit pohon, termasuk jenis Makademia Nuts dan Pohon Anti Api. Bibit-bibit ini diperoleh dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir.

Tidak hanya itu, polsek jajaran Polres Samosir juga turut serta dalam penghijauan dengan menanam 100 batang pohon per polsek yakni di Pantai Pandua dan HKBP Nainggolan untuk Wilayah Hukum Polsek Onanrunggu

Di Perbukitan Desa Turpuk Sihotang untuk wilayah hukum Polsek Harian, di Pea Porohan Desa Salaon Toba untuk Wilayah Hukum Polsek Pangururan, di Aek Natonang Desa Tanjungan untuk wilayah hukum Polsek Simanindo dan di Desa Palipi dekat pantai untuk wilayah Hukum Polsek Palipi.

Kapolres Samosir, didampingi oleh Forkopimda Kabupaten Samosir, menyampaikan, penghijauan ini diinisiasi oleh kapolri dan diikuti oleh 34 polda dan seluruh polres jajaran di Indonesia.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa 1.500 batang pohon disiapkan untuk wilayah Kabupaten Samosir, sementara untuk lokasi di Lereng Gunung Pusuk Buhit Sigulatti disiapkan 1.000 batang pohon. Selanjutnya, 500 batang pohon akan ditanam di 5 polsek jajaran Polres Samosir.

"Tujuan utama pelaksanaan penanaman bibit pohon ini untuk penghijauan dengan jenis pohon yang kita tanam yakni pohon yang dapat menyerap air/menahan air dan pohon anti api," kata Kapolres Samosir.

Dikatakan, penanaman bibit pohon ini sekaligus untuk mendukung lokasi strategis pariwisata Samosir seperti di lokasi objek wisata Danau diatas Danau Toba yakni Pea Porohan, Aek Natonang dan Pesisir Pantai Danau Toba yakni Pantai Pandua, bibir pantai Desa Palipi.

"Kita lakukan pengecegakan karhutla yakni dengan menanam pohon anti api dilokasi yang dimungkinkan terjadi kebakaran lahan di perbukitan Desa Turpuk Sihotang," pungkasnya.(humaspolressamosir).
×
Berita Terbaru Update