-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Pemkab Samosir Lakukan Pengembangan Pertanian Bawang Merah di Kecamatan Sitiotio

Rabu, 30 Agustus 2023 | 08.22 WIB Last Updated 2023-08-31T02:35:05Z
Dinas Ketapang Pertanian Samosir meninjau lokasi demplot PPL Pangula Nature di Desa Holbung.
Samosir(DN)
Bupati Samosir diwakili Plt.Kadis Ketapang Pertanian Dr. Tumiur Gultom, S.P.,MP meninjau langsung lokasi Demplot PPL Pangula Nature di Desa Holbung, Kecamatan Sitiotio, Selasa 29/08.

Kegiatan diawali dengan penyuluhan oleh Kadis Ketapang Pertanian Dr. Tumiur Gultom kepada 11 kelompok tani (Poktan) yang ada di Desa Holbung. Adapun 11 Kelompok tani yang hadir mengikuti penyuluhan yakni Poktan Bermakna, Poktan Subur, Poktan Lestari, Poktan Damai Sejahtera, Poktan Serba Guna, Poktan Sukacita, Poktan Binaan, Poktan Saroha, Poktan Sejahtera, Poktan Gabe, Poktan Setia

Dalam arahannya, Tumiur Gultom menyampaikan kepada para kelompok tani untuk mendorong peningkatan pertanian bawang merah yang sedang dicanangkan di Desa Holbung, Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir menerapkan Program Farm Field Day pada penanaman bawang merah. 

Program Farm Field day merupakan kegiatan satu hari yang dilaksanakan untuk belajar bersama secara langsung di lapangan/lokasi lahan pertanian. Kelompok Tani yang telah melakukan penanaman dapat menjadi narasumber kepada kelompok tani lain.

"Kelompok tani yang telah berhasil dapat memberikan pengetahuan bagaimana cara melakukan penanaman, pupuk yang digunakan dan cara perawatannya kepada kelompok tani lainnya," ujarnya.

Sehingga nantinya, kelompok tani lain juga dapat merasakan keberhasilan dalam penanaman bawang merah.

Adapun varietas Bawang merah yang sedang dikembangkan dilokasi Demplot PPL Pangula Nature yaitu bawang merah varietas Tajuk F1 dengan memanfaatkan lahan seluas 0,1 Hektare. 

Dalam kesempatan yang sama, Tumiur juga menyampaikan kepada para kelompok tani untuk memanfaatkan penggunaan pupuk organik yang dibuat sendiri. Para penyuluh pertanian telah memberikan contoh bagaimana cara membuat pupuk organik sendiri, sehingga kita bisa bandingkan hasil yang menggunakan pupuk organik buatan sendiri dengan pupuk yang dibeli.

Untuk mesin pencacah kompos nantinya dapat di pinjamkan secara bergantian kepada setiap kelompok tani. 

Ketua Kelompok Tani Bermakna, Sartika Purba mewakili kelompok tani yang ada di desa Holbung menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian atas perhatian yang diberikan kepada para kelompok tani di Desa Holbung.

"Semoga pertanian bawang merah di Desa Holbung ini semakin maju dan dapat meningkatkan pendapatan para petani di Desa Holbung ini," pungkasnya.

Kegiatan selanjutnya dilakukan panen perdana bersama para kelompok tani di lokasi Demplot PPL Pangula Nature. Adapun sampel dari hasil panen bawang merah nantinya akan di periksa kelayakannya baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.(infosamosir).
×
Berita Terbaru Update