-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Harkopnas ke-76: Ketua KMM Berharap Koperasi Jadi Pilar Kekuatan Ekonomi Indonesia

Rabu, 12 Juli 2023 | 10.12 WIB Last Updated 2023-07-12T03:12:48Z
KMM mengucapkan selamat memperingati HUT Koperasi Nasional ke-76.
Jakarta(DN)
Hari ini, Rabu, 12 Juli 2023, genap sudah 76 tahun gerakan koperasi di Indonesia. Tonggak perkoperasian di Indonesia sendiri ditandai dengan lahirnya kesepakatan mendirikan Sentral Organisasi Koperasi Republik Indonesia (SOKRI) pada 12 Juli 1947 di Tasikmalaya, Jawa Barat. Tanggal tersebut bahkan hingga kini diperingati sebagai hari lahirnya Gerakan koperasi di Indonesia.

Adapun tema Hari Koperasi Indonesia ke-76 tahun 2023 berupa, "Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri, Modern, dan Berdigital".

Dari tema besar tersebut, kemudian lahir beberapa sub tema berikut ini:
-Koperasi Sebagai Pilar Kekuatan Ekonomi di Era Ekonomi Digital
-Peran Generasi Muda Koperasi Menghadapi Fenomena Ekonomi Milenial
-Revitalisasi Koperasi Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan.

Dalam peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ini, salah satu koperasi skala besar di Indonesia, yakni Koperasi Makmur Mandiri (KMM), menyampaikan sejumlah harapan.

Koperasi Makmur Mandiri (KMM) melalui ketuanya, Drs Tumbur Naibaho MM berharap, di usia ke-76 tahun, peran koperasi sebagai salah satu pilar ekonomi masyarakat diharapkan semakin eksis dan kokoh dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat Indonesia. 

"Sejalan dengan tema peringatan Harkopnas tahun ini, kita berharap koperasi yang ada di Indonesia bisa menjadi garda terdepan dalam peningkatan ekonomi masyarakat di era globalisasi saat ini," tutur Ketua KMM, Drs Tumbur Naibaho MM, Rabu, 12 Juli 2023.
Selamat Harkopnas ke-76.
Untuk mewujudkan itu, kata Tumbur Naibaho, diperlukan komitmen keberpihakan pemerintah. Dukungan regulasi jadi salah satu langkah yang penting supaya koperasi terus diminati dan bisa lebih lincah serta dinamis dalam menangkap peluang usaha.

“Pemerintah perlu mendorong koperasi sebagai arus utama yang diikuti dengan perbaikan regulasi yang lebih berpihak kepada koperasi,” tambah CEO koperasi yang berkantor pusat di Bekasi Jawa Barat itu.

Suami Jusniar Simbolon tersebut juga berharap, penerapan digitalisasi bagi perkoperasian dapat menjaga eksistensi koperasi dan bisa merangkul milenial sesuai harapan pemerintah yang menggelorakan gerakan 'Ayo Berkoperasi.'

Tumbur Naibaho juga berharap agar pemerintah semakin tegas dalam membasmi aktivitas ilegal dari oknum-oknum yang mengatasnamakan koperasi namun tidak memiliki legalitas sebagai badan usaha koperasi.

"Dengan ditumpasnya koperasi abal-abal tersebut, ia yakin koperasi akan semakin sehat dan citranya dapat terangkat di hadapan publik," sebut Ketua KMM.

Terakhir, pihaknya berharap kegiatan Harkopnas tahun ini menjadi semangat seluruh insan gerakan koperasi untuk terus bangkit menata ekonomi ke depan.

“Selamat Hari Koperasi Nasional ke-76 tahun, mari mempererat kolaborasi dan menjaga hubungan yang baik dengan semua insan koperasi dan pendukung-pendukungnya,” tutupnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update