-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Nawal Lubis Ingatkan Masyarakat Pentingnya Deteksi Dini Kanker

Selasa, 13 Juni 2023 | 02.02 WIB Last Updated 2023-06-13T05:03:45Z
Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis.
Medan(DN)
Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengingatkan masyarakat tentang pentingnya deteksi dini kanker. Karena, kanker akan lebih sulit ditangani, apabila sudah stadium lanjut. 

"Kanker masih bisa ditangani, apabila kita bisa mendeteksinya sejak dini. Karena itu, saya imbau masyarakat Sumut agar memeriksakan dirinya," kata Nawal Lubis sewaktu melakukan monitoring lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (Iva) Test PKK di Puskesmas Kecamatan Silaen, Toba, Senin (12/6). 

Nawal mengaku senang, apabila ada masyarakat yang sukarela melaksanakan deteksi dini, khususnya Iva test. Iva Test adalah cara untuk mendeteksi kanker serviks. Menurut Nawal, kanker serviks cukup banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. 

Selain itu, Nawal juga mengapresiasi para suami yang mau mendampingi istrinya melakukan Iva Test. Apalagi menurutnya kesehatan para istri atau ibu sangat penting. Sebab ketahanan keluarga bergantung pada peran ibu. 

Nawal juga menyebut peran PKK sangat penting bagi program pemerintah, khususnya kesehatan. Bahkan, PKK merupakan salah satu ujung tombak Sumut dalam bidang kesehatan.

Selain itu, Nawal juga meninjau Iva Test dan pencanangan Imunisasi Inactivated Polio Vaccine (IPV) 2. Pada peninjauan tersebut, Nawal banyak menyapa para balita yang mengikuti imunisasi.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut Suherman.(infosumut).
×
Berita Terbaru Update