-->

Notification

×

iklan

Iklan

Sukses Capai Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan, Bupati Samosir Raih UHC Award

Selasa, 14 Maret 2023 | 21.36 WIB Last Updated 2023-03-14T14:36:36Z
Bupati Samosir meraih penghargaan UHC Award.
Samosir(DN)
Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom  menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award atas keberhasilan Pemkab Samosir mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan (UHC) dengan pemberian BPJS kepada masyarakat Kabupaten Samosir.

Penghargaan UHC ini diberikan langsung oleh Wapres didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional, di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/03). 

Penghargaan ini diraih Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir atas suksesnya mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage.

Terhitung sejak awal tahun 2023, sebanyak 139.048 jiwa (97,7%) telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk Kabupaten Samosir (142.318 jiwa). Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kabupaten Samosir telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Pencapaian UHC di Kabupaten Samosir ini juga merupakan salah satu wujud pencapaian visi/misi Bupati dan Wakil Bupati Samosir yaitu, "Terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, pendidikan dan kesehatan".

Keberhasilan UHC di Kabupaten Samosir didukung program Bupati Samosir dengan pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan atau BPJS gratis kepada masyarakat yang tidak mampu. Hal ini juga tertuang dalam 10 program unggulan yang ditetapkan Bupati dan Wakil Bupati Samosir yaitu pemberian bantuan iuran jaminan kesehatan atau BPJS gratis.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di Kabupaten Samosir. Dikatakan, pencapaian tersebut tidak terlepas dari komitmen dan keseriusan mewujudkan visi/misi didukung kerjasama yang baik dengan BPJS Kesehatan Cabang Pematang Siantar, yang telah bekerja keras agar masyarakat Kabupaten Samosir bisa terjamin ke dalam Program JKN. 

Kedepan, Vandiko menegaskan akan terus memastikan bahwa seluruh penduduk Kabupaten Samosir memiliki BPJS sehingga secara keseluruhan dapat mengakses fasilitas kesehatan. Memastikan mutu layanan di fasilitas kesehatan yang sudah baik  dapat ditingkatkan lagi dan kepada setiap tenaga kesehatan ditekankan dapat memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat peserta JKN.

“Dengan telah tercapainya UHC di Kabupaten Samosir maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Kedepan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kabupaten Samosir tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN,” ucap Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom.

Bupati Samosir menghimbau agar masyarakat Kabupaten Samosir yang telah menjadi peserta JKN terutama peserta pada segmen mandiri bisa membayar iuran rutin dan tepat waktu setiap bulannya. 

Adapun pemberian penghargaan bertajuk “wujud nyata komitmen pemda dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia."

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin memberikan penghargaan kepada provinsi, kabupaten dan kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia.

Dengan tercapainya UHC di setiap daerah, Wapres juga mengapresiasi komitmen Pemda khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).(ril).
×
Berita Terbaru Update