-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Persiapkan Masa Depan Dengan Baik, KMM Cabang Samosir 1 Ajak Anggota Gemar Menabung

Kamis, 19 Januari 2023 | 17.43 WIB Last Updated 2023-01-19T12:45:17Z
Manajer KMM Cabang Samosir 1 Sondang Sinurat saat menerima buku target kerja tahun 2023 dari Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM pada Pra RAT akhir tahun lalu.
Samosir(DN)
Guna mengapai target kerja di tahun buku 2023, Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri yang familiar disingkat KMM merancang berbagai strategi. Tak ketinggalan, Cabang Samosir 1 yang berkantor di pusat kota Pangururan punya cara tersendiri untuk memajukan KMM di wilayah kerjanya.

Manajer KMM Cabang Samosir 1, Sondang Sinurat ditemui di kantornya menyampaikan, di tahun 2023 ini, pihaknya bertekad mengembangkan potensi kemampuan ekonomi anggota, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup yang lebih layak.

"Dalam situasi yang terbatas, anggota maupun masyarakat yang ingin bergabung menjadi anggota KMM diharapkan mampu mempersiapkan masa depan keluarganya dengan baik," ujar Manajer KMM Cabang Samosir 1, Sondang Sinurat, Kamis, 19/1.

Oleh karena itu, Sondang berharap untuk membiasakan diri dengan menabung. Di KMM sendiri, lanjutnya, ada 2 produk unggulan dalam mempersiapkan masa depan. Yakni Simpanan Berencana Pendidikan (SBP) dan Simpanan Berencana Hari Tua (SHT).
Brosur Simpanan Berencana Pendidikan KMM.
Simpanan Berencana Pendidikan (SBP) ini dirancang untuk mewujudkan impian para orangtua agar putra-putri tercinta meraih sukses di pendidikan tinggi/sarjana. Oleh karena itu sejak dini harus dipersiapkan dana dengan mulai menabung.

"Masa depan terbantu lewat simpanan cuma Rp. 150.000/bulan dengan suku bunga 9,6 setahun, maka dalam tempo 15 tahun dana pendidikan akan terkumpul Rp. 59.935.924. Dana tersebut bisa dipakai untuk melanjutkan kuliah si anak," ungkapnya.

Dijelaskan, besaran simpanan bisa disesuaikan dengan kemampuan anggota dan jangka waktu jatuh tempo juga bisa disesuaikan dengan usia anak. Misalkan usia anak saat ini 2 tahun maka masa simpanan sebaiknya 16 tahun, agar nantinya dana yang disimpan dipergunakan untuk biaya kuliah si anak.

Selanjutnya, Simpanan Berencana Hari Tua (SHT) KMM dirancang untuk persiapan memasuki usia hari tua/purna bakti (masa pensiun). Sehingga pada saat tidak lagi bekerja, anggota memiliki cukup dana/simpanan untuk menikmati hari tua.
Simpanan Berencana Hari Tua KMM.
Meski fokus mendorong anggota rajin menabung, KMM Cabang Samosir 1 juga tetap melayani pinjaman. Sondang berharap pinjaman diajukan harus untuk menambah modal usaha dalam sektor produktif. Dengan begitu, hidup berkoperasi mampu meningkatkan kualitas hidup anggota.

Sebagai informasi, saat ini Kantor Cabang KMM Samosir 1 memiliki aset sebesar Rp35 miliar lebih, yang merupakan terbesar dari total 180 kantor cabang KMM se-Indonesia.

Keberhasilan Samosir 1 menjadi yang terbesar tidak lepas dari dukungan masyarakat Kabupaten Samosir yang menempatkan KMM sebagai koperasi terpercaya.

KMM pun menjawab dukungan dan kepercayaan yang diberikan tersebut dengan memberi layanan berkualitas dan melaksanakan tanggung jawab sosial koperasi.

Salah satu kegiatan yang dilakukan koperasi besar berprestasi di Indonesia itu adalah memberikan penghargaan berupa beasiswa pendidikan kepada anak anggota yang berprestasi.(SBS).
×
Berita Terbaru Update