-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Dukung Pembangunan, Ketua KMM Tumbur Naibaho Hibahkan Lahan ke Pemkab Samosir

Kamis, 09 Juni 2022 | 14.24 WIB Last Updated 2022-06-09T12:30:51Z
Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho bersama penasehat KMM Sumbagut II, Renaldi Naibaho mendapat penghargaan dari Bupati Vandiko Gultom atas hibah lahan ke Pemkab Samosir.
Samosir(DN)
Kalau sukses di perantauan, jangan sampai lupa kampung halaman. Jangan seperti kacang yang lupa kulit. Pesan itulah yang mungkin diingat Drs Tumbur Naibaho MM, pria kelahiran Desa Tanjung Bunga Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir itu.

Putra 12 bersaudara ini, sudah sukses di Jawa Barat. Ia berhasil membangun usaha jasa berupa Koperasi Makmur Mandiri (KMM) yang telah memiliki 170 cabang yang tersebar di 23 propinsi se-Indonesia.

Berkat kerja keras 13 tahun silam, Tumbur Naibaho terbilang sudah bergelimang harta. Meski sudah sukses, pria yang dikenal ramah itu, tetap ingat kampung kelahirannya.
Tak sekadar ingat. Namun Tumbur Naibaho turut berbagi kebahagiaan rezeki, saling berbagi kasih. Salah satunya mempekerjakan ratusan putra-putri Kabupaten Samosir di perusahaannya, memberi bantuan ke sejumlah gereja, memberikan beasiswa pendidikan di desa kelahirannya, dan masih banyak lagi.

Perbuatan baik Tumbur Naibaho tak berhenti sampai disitu, kali ini, ia menghibahkan lahan seluas 4.000 M² yang berlokasi di Desa Partungko Nagijang, Kecamatan Harian kepada Pemerintah Kabupaten Samosir, yang diperuntukkan untuk pembangunan gedung Balai Pengujian Kendaraan Bermotor.

Hibah lahan tersebut diserahkan langsung Drs. Tumbur Naibaho MM kepada Bupati Samosir Vandiko Gultom ST, pada acara serah terima naskah berita acara penyerahan lahan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis (9/6).
Serah terima berita acara penyerahan lahan oleh Tumbur Naibaho kepada Bupati Samosir Vandiko Gultom.
Turut mendampingi Ketua KMM, yakni Penasehat KMM Wilayah Sumbagut II, Renaldi Naibaho, Korwil Sumbagut II Sondang Sinurat bersama staf Iran Naibaho, Direktur SPBU Makmur Mandiri Pangururan, Bintang Sinaga dan 12 pimpinan cabang KMM di Kabupaten Samosir.

Dan dihadiri Asisten I, Asisten III, Staf Ahli Bupati Samosir, Tim Bupati Percepatan Pembangunan, Pimpinan OPD, Camat Harian dan Kades Partungko Naginjang.

Drs. Tumbur Naibaho MM yang juga Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri itu, menyampaikan penyerahan lahan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pembangunan di Kabupaten Samosir.

Dirinya menyampaikan bahwa lahan tersebut diberikan secara sukarela tanpa ganti rugi, yang diperuntukkan sebagai lahan pembangunan gedung Balai Pengujian Kendaraan Bermotor, dengan harapan peningkatan kualitas layanan transportasi di Kabupaten Samosir, dalam rangka mendukung pariwisata Danau Toba.

"Dengan sukarela, senang hati, kami hibahkan lahan 4.000 M² kepada Pemkab Samosir untuk digunakan pembangunan gedung Balai Pengujian Kendaraan Bermotor, dalam rangka kemajuan Kabupaten Samosir," ungkap Tumbur Naibaho, yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Kedepan, sambung Tumbur, selaku putra daerah, pihaknya akan senantiasa siap berpartisipasi dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Samosir.
Ketua KMM bersama 12 pimpinan cabang di Kabupaten Samosir dan Direktur SPBU Makmur Mandiri Pangururan berphoto bersama dengan Bupati Samosir.
Tak lupa, Suami Jusniar Simbolon itu juga menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat khususnya anggota, sehingga kinerja 12 cabang KMM yang ada di Kabupaten Samosir sangat baik.

"Kehadiran 12 cabang KMM di Kabupaten Samosir, turut membantu dalam memajukan pendidikan. Dimana salah satu produk KMM, simpanan berencana pendidikan, yang disambut baik anggota, membantu orang tua menyiapkan dana sejak dini, untuk pendidikan anak-anak," pungkasnya.

Kadis Perhubungan Kabupaten Samosir, Laspayer Sipayung dalam laporannya menyampaikan proses dan kendala yang dihadapi saat mencari lahan yang diperuntukkan untuk pembangunan gedung Balai Pengujian Kendaraan Bermotor.

Sebelum Drs Tumbur Naibaho MM memberikan surprise dengan suka rela menghibahkan lahannya, lanjut Sipayung, ada 3 lahan yang tadinya telah disurvei. Salah satunya lahan Pemkab dan 2 lahan masyarakat.

Namun ketiganya memiliki kendala masing-masing dan tidak menemukan titik terang untuk setiap permasalahan yang ada. "Kita bersyukur dan berterima kasih, ditengah kendala yang ada, keluarga bapak Tumbur Naibaho dengan sukarela menghibahkan lahannya kepada Pemkab Samosir," ujarnya.
Piagam penghargaan Pemkab Samosir kepada Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM atas hibah lahan.
Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Drs. Tumbur Naibaho dan keluarga, atas penyerahan hibah lahan seluas 4.000 M².

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Samosir saya menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Bapak Tumbur Naibaho dan keluarga, atas penyerahan lahan ini secara sukarela," kata Vandiko Gultom

"Walaupun bapak tinggal di perantauan, namun tetap memberikan sumbangsih dan kontribusi bagi pembangunan di Kabupaten Samosir. Semoga ini juga menjadi dorongan dan motivasi bagi para perantau putra-putri Samosir lainnya, untuk tergerak hatinya bersama-sama membangun Kabupaten Samosir yang kita cintai ini," tambah bupati.

Vandiko menambahkan, Kabupaten Samosir yang merupakan salah satu daerah pariwisata super prioritas, sangat membutuhkan adanya pelayanan untuk pengujian kendaraan bermotor, sehingga nantinya kendaraan yang beroperasi di Samosir merupakan kendaraan yang laik jalan, dan tentunya kedepan akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dengan diserahkannya lahan ini, Bupati Samosir berharap agar Dinas Perhubungan dapat segera melakukan proses pembangunan gedung Balai Pengujian Kendaraan Bermotor mulai tahun ini.

"Sehingga memberikan kontribusi kemajuan pelayanan transportasi, dan masyarakat Samosir yang memiliki kendaraan wajib uji, tidak perlu lagi ke daerah lain untuk melakukan pengujian kendaraan bermotor," pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update