-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Iwan Fals Ciptakan Lagu Berjudul Sipirok

Minggu, 29 Mei 2022 | 09.24 WIB Last Updated 2022-05-29T09:28:33Z
Kota Sipirok.(net).
Tapsel(DN)
Musisi legendaris Iwan Fals bersama Raja Pane, yang merupakan sahabatnya sejak 42 tahun lalu (1980), baru saja menciptakan lagu Sipirok, Ibikota Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Dilansir dari antaranews, Raja Pane, Sabtu 28/5) mengatakan, sejatinya menciptakan lirik lagu Sipirok atas kerinduan kampung halaman.

"Saat Lebaran kemarin rindu pulang kampung. Kembali ke Jakarta saya terobsesi ciptakan lagu kampung halaman bersama sobat karib Iwan Fals," kata wartawan senior itu.

Sipirok, sudah tidak asing bagi Iwan Fals. Pernah menginap di Tor Sibohi Sipirok saat transit hendak mentas menuju Sumatera Barat di Tahun 2010 silam. "Melihat tor (bukit) Simago-mago, pemandian aek (Air) panas Sosopan," ungkapnya.

"Jadi lagu itu diciptakan sekadar menggambarkan keindahan, tentram dan ke nyaman, dan kerukunan masyarakat kampung halaman Sipirok yang dinilai kini sudah mulai berbenah," katanya

Sekaligus pesan moral kami (Iwan Fals-Raja Pane-red) menggugah pemangku kepentingan, terlebih para perantau asal Sipirok agar bersama-sama memajukan ibukota Tapsel tersebut agar tidak tertinggal jauh dengan daerah lain.

"Kita berharap dengan lirik lagu "Sipirok" meski belum resmi rilis (rencana setelah dari Singapura) baru bertemu Iwan Fals, apakah di komersilkan atau bagaimana (kanal youtube Iwan Fals) tunggu saja," kata Raja.

Raja tidak menyangka lirik lagu karangan itu begitu cepat menyebar, padahal masih dalam bentuk audio (rekaman HP) menggunakan gitar akustik. "Banyak telepon berdering kepada saya," ujarnya.

"Itulah cepatnya arus informasi (IT) saat ini. Hanya saja kita ambil sisi positif saja, bahwa lirik lagu ciptaan ini mendapat respon positif yang luas di masyarakat. Semoga Sipirok dapat lebih maju," harapnya.

Apalagi Pak Bupati Tapanuli Selatan Dolly P.Pasaribu juga sudah komunikasi positif yang menyatakan bangga bersama Iwan Fals mempersembahkan lirik lagu Sipirok, ini semakin memotivasi apalagi bermanfaat untuk orang banyak, kata Raja.

Iwan Fals - Raja Pane dua kerabat yang dulunya pernah kuliah di STP (Sekolah Tinggi Publisistik) Jakarta meski berbeda profesi satu musisi satunya wartawan namun, komunikasi dan pertemanan tetap langgeng dan saling beri masukan.

Lirik lagu kedua sosok bersahabat ini juga cukup viral (742 ribu kali ditonton tempo 2 bulan dan 30 ribu menyukai) melalui kanal youtube Iwan Fals yang berjudul "Minyak Goreng".

Adapun lirik lagu "SIPIROK" ciptaan Iwan Fals - Raja Pane yang belum apa-apa namun viral lewat berbagai media sosial dan sejumlah WA grup seperti di bawah ini,

Sipirok

Alamnya Indah, udaranya sejuk Di lembah gunung Sibualbuali. Umat beragama saling toleran. Itulah Sipirok, kota kelahiranku.

Ada pemandian air panas. Namanya Aek Milas Sosopan. Ada bukit tempat memandang. Simago-mago penuh kenangan.

Reff

Aku remaja di sana. Aku jatuh cinta di sana. Aku digembleng di sana Sipirok, tak terlupakan.

Puluhan tahun aku merantau. Demi mengubah kehidupan. Kini, aku teringat dan rindu. Ke sipirok, kota kelahiran.. Kota penuh kenangan…..

Sipirok memang lagi bersolek Membangun meraih kemajuan. Kini sudah jadi ibu kota. Kabupaten Tapanuli Selatan.(red/antara).
×
Berita Terbaru Update