-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Puting Beliung Landa Perairan Simanindo

Minggu, 10 April 2022 | 15.02 WIB Last Updated 2022-04-10T08:24:39Z
Tangkapan layar video angin puting beliung yang terjadi di Danau Toba.(ist).
Samosir(DN)
Kemunculan angin puting beliung seperti badai tornado di kawasan perairan atau lautan mungkin sudah biasa. Namun bagaimana jika tornado tersebut muncul di kawasan danau.

Pasalnya, angin kencang seperti puting beliung terjadi di Danau Toba, Sumatera Utara. Sesuai video yang beredar, menyebutkan peristiwa itu terjadi pada Sabtu (9/4) pukul 17.45 WIB. Pusaran itu terjadi di dekat Desa Simanindo, Kabupaten Samosir.

Dalam video terlihat pusaran angin tersebut berukuran besar. Sejumlah warga yang berada di sekitar lokasi pun langsung merekam peristiwa yang jarang terjadi itu.

"Pusaran angin puting beliung di Danau Toba, Samosir, pada jam 17.45 WIB," demikian narasi dalam video.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun menjelaskan terkait hal itu. Dilansir dari detikcom, Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Eridawati, mengatakan pihaknya belum mendapatkan laporan terkait adanya peristiwa itu.

"Belum (menerima laporan terkait pusaran angin di Danau Toba)," kata Eridawati saat dikonfirmasi.

Eridawati kemudian menjelaskan soal peristiwa yang terjadi itu. Dia mengatakan fenomena alam itu dikenal dengan nama waterspout.

"Waterspout merupakan fenomena alam yang identik dengan fenomena puting beliung tetapi terjadi di atas permukaan air yang luas. Fenomena ini terbentuk dari sistem awan cumulonimbus," ucapnya.

Eridawati mengatakan pihaknya saat itu memang mengidentifikasi adanya awan cumulonimbus. Sehingga fenomena alam seperti ini mungkin saja terjadi.

"Dari radar kami saat itu memang ada awan cumulonimbus, dan bisa saja terjadi," jelasnya.(red/dtc).
×
Berita Terbaru Update