-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Jadi Predator di Danau Toba, Ikan Iblis Merah Diminta Dibasmi

Jumat, 15 April 2022 | 14.48 WIB Last Updated 2022-04-15T08:11:11Z
Ikan iblis merah.(ist).
Samosir(DN)
Keberadaan ikan iblis merah di Danau Toba sangat meresahkan warga khususnya nelayan, karena menjadi predator bagi ikan lain.

Sejak kehadiran ikan dengan nama Latin cichlasoma labiatum ini, warga di sana makin kesulitan mendapat ikan. Sementara ikan iblis merah ini dinilai warga tak layak dikonsumsi.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pun diminta menyiapkan langkah untuk memusnahkan ikan predator di Danau Toba.

Sekretaris Komisi B DPRD Sumut, Ahmad Hadian, mengatakan populasi ikan yang dijuluki iblis merah ini terus meningkat di Danau Toba. Dengan meningkatnya populasi ikan ini akan mengancam keberadaan jenis ikan lainnya.

"Kondisi ini telah mengancam populasi ikan endemik Danau Toba yaitu ikan nila, mujair dan ikan mas sehingga membuat nelayan di kawasan itu resah karena terancam mata pencahariannya," kata Hadian, Jumat (15/4/2022).

Oleh karena hal itu, Hadian meminta agar dinas terkait dapat melakukan langkah cepat mengatasi ikan ini. Dia juga meminta agar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi segera berkoordinasi dengan kepala daerah di sekitar Danau Toba untuk mengatasi masalah ini.

"Biasanya alternatif solusi paling aman adalah dengan cara melakukan penangkapan secara masif terhadap ikan kanibal ini. Mungkin bisa dibuat semacam program khusus secara maraton," sebutnya.

Ikan predator ini, kata Hadian, juga bisa memiliki nilai jual. Dia mencontohkan di Pulau Jawa yang menjadikan ikan jenis ini sebagai ikan asin, keripik, abon atau tepung ikan untuk bahan campuran pakan ternak.

Hadian menambahkan, untuk mempertahankan ikan endemik Danau Toba ini juga perlu dilakukan restocking kembali. Namun, ikan yang akan diletakkan di Danau Toba harus yang berukuran besar agar tidak bisa dimakan oleh ikan predator yang ada.

"Dengan demikian diharapkan secara bertahap populasi ikan setan merah ini akan terkalahkan," jelasnya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Gubernur Edy mengatakan, dirinya sedang berkoordinasi dengan Bupati Toba Poltak Sitorus untuk melakukan pembasmian ini.

"Iya di Toba, ini yang sedang kita koordinasikan dengan Bupati Toba, Sitorus. Dia akan memberitahukan pengetahuannnya untuk membasmi," ucap Edy di Medan, Selasa (12/4/2022).

Ikan dengan nama Latin cichlasoma labiatum ini mau dimusnahkan karena menjadi predator di Danau Toba. Ikan ini memakan bibit dan telur ikan yang ada.

Sejak kehadiran ikan itu, warga di sana makin kesulitan mendapat ikan. Sementara ikan iblis merah ini dinilai warga tak layak dikonsumsi. "Karena dia makan bibit ikan, makan telor ikan," ujarnya.

Edy menambahkan, pertemuannya dengan Bupati Toba akan dilakukan setelah hari raya idul fitri. Langkah-langkah untuk memusnahkan ikan ini akan dibahas dalam pertemuan itu.

"Nanti habis Lebaran kita mau duduk, dan kita siapkan bagaimana memusnahkan ini," jelasnya.(red/detikcom).
×
Berita Terbaru Update