-->

Notification

×

iklan

Iklan

FB-IMG-16165485030001093

Pemkab Samosir Lelang 20 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Selasa, 04 Januari 2022 | 16.50 WIB Last Updated 2022-01-04T16:52:26Z
Bupati Samosir melantik sejumlah pejabat pada akhir tahun lalu.
Samosir(DN)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir mengumumkan seleksi terbuka lelang jabatan untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) di Lingkungan Pemkab Samosir Tahun 2022. Melalui panitia seleksi (Pansel) terbuka yang telah dibentuk, ada 20 jabatan kosong setingkat kepala dinas yang akan dilelang.

Adapun jabatan yang dilelang diantaranya 3 Staf Ahli Bupati, Inspektur Daerah, Kepala Satuan Pamong Praja, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, (Kadispora), Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Kominfo, Kadis Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan.

Serta Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Kepala Dinas Perhubungan.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi Samosir, Ricky Sirumapea, Selasa (4/1) mengatakan, hal itu tertuang dalam Surat Pengumunan Nomor: 01/PanselJPTP/2022. 

Beberapa tahapan yang harus dilalui pelamar antara lain, seleksi administrasi serta penelusuran rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas. “Pelamar yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan pada 8 Januari 2022, untuk melanjutkan ke seleksi kompetensi mulai 10-13 Januari,” ujar Ricky.

Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko T Gultom dalam arahannya pada saat memimpin apel gabungan perdana di tahun 2022 menyampaikan menjamin transparansi dan sesuai regulasi dalam mengisi pejabat di Kabupaten Samosir.

Dirinya menegaskan untuk pansel terbuka, diharapkan banyak yang mendaftar baik dari internal maupun eksternal (luar) Kabupaten Samosir sehingga pejabat yang terpilih nantinya lebih selektif dan menghasilkan yang terbaik.

"Silahkan mendaftar baik yang tidak lulus job fit sebelumnya, para sekretaris SKPD dan dari luar Kabupaten Samosir juga, saya tegaskan akan menjamin transparansi dan akuntabel  yang terbaik akan terpilih. Saya menginginkan 'kabinet terbaik' untuk bisa bersinergi dalam melayani masyarakat dalam perwujudan visi misi.

Menurut Rohani Bakara kepala Badan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kabupaten Samosir, proses yang dilakukan untuk pelantikan yang baru dilaksanakan pada akhir Desember 2021 kemarin, sudah sesuai amanat Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pasal 117. 

Tahapan pertama dilaksanakan job fit (penyesuaian jabatan) dimana dari hasil job fit tersebut menghasilkan 5 Pejabat Tinggi Pratama dan sudah dilantik pada tanggal 29/12 tahun lalu. 

Untuk pemenuhan JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi) Pratama yang lowong, maka proses seleksi terbukalah yang ditempuh dan untuk melaksanakan administrasi sementara diangkat pelaksana tugas sebelum ada pejabat definitif.

“Pelaksanaan seleksi terbuka ini sendiri dilakukan setelah pansel job fit selesai, selepas itu kita jadwalkan lagi untuk seleksi terbuka yang terbuka untuk umum yang akan dimulai Januari 2022,” ucapnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update