-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20220326-WA0052

Dispar Samosir Digitalisasi Kepariwisataan Dengan Memanfaatkan Teknologi

Kamis, 18 November 2021 | 14.07 WIB Last Updated 2021-12-03T07:11:00Z
Pelatihan digitalisasi di Kabupaten Samosir.
Samosir, DN | Guna meningkatkan kualitas SDM pelaku pariwisata di Kabupaten Samosir, Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir menggelar pelatihan digitalisasi pada 15-17 November 2021 di Hotel Dumasari Tuktuk Siadong.

Pelatihan digitalisasi tersebut meliputi branding, pemasaran, dan penjualan pada desa wisata, homestay, kuliner, souvenir, serta fotografi.

Kadis Pariwisata Samosir Dumosch Pandiangan menyebutkan salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yaitu melalui program digitalisasi kepariwisataan.

Menurutnya, hal tersebut dapat memudahkan wisatawan untuk mengakses seluruh informasi, melihat secara virtual, melakukan transaksi dan berwisata di Kabupaten Samosir.

“Go digital menjadi penting, mengingat revolusi industri telah merambah ke berbagai aspek kehidupan dan pandemi Covid-19 memaksa serta mendorong manusia untuk memaksimalkan fungsi teknologi. Sebagai contoh layanan transportasi, transaksi bank semuanya melalui aplikasi dan e-banking,” paparnya.

Dikatakan, sifat dan karakteristik wisatawan seringkali membagikan pengalamannya melalui media sosial. Sehingga, dalam hal ini menurutnya telepon seluler menjadi hal yang tak terpisahkan, selektif dalam membelanjakan uang dan lebih memilih membeli experience.

"Perubahan sikap perilaku konsumen ini harus dipahami dan direspon dengan cepat oleh para pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah sampai dengan para pelaku pariwisata,” katanya.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Samosir, dan Danau Toba pada umumnya. Produk ekonomi kreatif dari Kabupaten Samosir tidak hanya bermain di pasar lokal, tapi juga ke pasar global dengan memaksimalkan perkembangan teknologi sehingga dapat masuk ke ekosistem ekonomi digital.(SBS).
×
Berita Terbaru Update