-->

Notification

×

iklan

Iklan

Amanah Kala Situasi Sulit, Jadi Tantangan Tersendiri bagi Manajer KMM Cabang Samosir 10

Jumat, 10 September 2021 | 15.47 WIB Last Updated 2021-09-10T10:05:12Z
Hogi Iwan Siringoringo bersama sejumlah karyawan KMM Cabang Samosir 1 Pangururan saat menyambut kunjungan kerja Ketua KMM Drs Tumbur Naibaho MM beberapa waktu lalu.
Samosir(DN)
Konsistensi menjadi salah modal bagi seseorang dalam menekuni sebuah profesi. Ditambah ketekunan dan fokus, buah manis perjalanan karir pun bisa dipetik.

Hal inilah yang dialami Hogi Iwan Siringoringo. Pasalnya, sejak 1 Juli 2021 lalu, anak muda yang baru berusia 24 tahun ini, didapuk memimpin sebuah kantor cabang koperasi berskala nasional, Koperasi Makmur Mandiri (KMM) Cabang Samosir 10 Ronggur Nihuta.

Diberi amanah yang tidak ringan, terlebih di tengah iklim sedang tak normal seperti saat ini, Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), alih-alih jadi beban, amanah tersebut justru menjadi tantangan tersendiri dan membuatnya kian termotivasi.

Sebagai manajer KMM Cabang Samosir 10 Ronggur Nihuta, Hogi mengaku akan menjalankan amanah tersebut sesuai arahan pimpinan pusat KMM dan akan berusaha maksimal menampilkan koperasi yang berkantor pusat di Bekasi Jawa Barat itu, sebagai koperasi yang moderen serta sebagai mitra masyarakat dalam memajukan ekonomi.

“Kami tak akan mengecewakan pimpinan yang sudah memberinya kepercayaan tersebut. Saya bersama tim KMM Cabang Samosir 10 Ronggur Nihuta akan berusaha atasi bersama-sama untuk melewati situasi yang sulit ini,” ujarnya, Jumat, 10 September 2021.

Hogi Iwan Siringoringo yang sebelumnya menjabat Wakil Manajer KMM Cabang Samosir 1 Pardomuan I Pangururan itu, diunjuk sebagai pemimpin baru KMM Cabang Ronggur Nihuta menggantikan Hosman Sagala yang dimutasi ke KMM Cabang Samosir 12 Ambarita.
Peresmian kantor cabang KMM Samosir 10 Ronggur Nihuta pada awal tahun 2021 lalu.
Pria yang memulai karir di KMM sejak 13 Februari 2017 ini mengaku pengalamannya berkoperasi masih sangat minim, tetapi bekal yang minim itu bakal dimanfaatkannya untuk membawa Cabang Ronggur Nihuta ke jenjang sukses yang lebih tinggi lagi.

Belajar dari pengalaman kala dipercaya mendampingi Manajer KMM Cabang Samosir 1, Hogi Iwan Siringoringo menjelaskan, dalam hal pengembangan KSP Makmur Mandiri khususnya di cabang Ronggurnihuta, ia mengandalkan kerjasama tim untuk mencapai tujuan.

"SDM yang ada, mulai dari staf hingga level manager kita harapkan saling bersinergi untuk merintis cabang KMM Ronggurnihuta yang baru diawal tahun 2021 ini didirikan," ungkap Putra Kelahiran Tanjung Bunga itu.

Menyinggung target yang hendak dicapai di tahun “pandemi” ini, Hogi menukas dirinya tidak punya program yang muluk-muluk. Pastinya, ia bertekad meningkatkan digitalisasi program yang dapat mengefisienkan kerja pengurus dan sekaligus kian memudahkan anggota bertransaksi dengan koperasi.
Produk KMM.
Ia bersama tim berusaha melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan mengedepankan semangat kekeluargaan. Terutama kepada calon anggota yang ingin bergabung tanpa melihat perbedaan, menjalankan prinsip koperasi seusai dengan visi dan misi koperasi, dan menjalankan kegiatan usaha sesuai dengan SOP.

Target besar KMM berupa penambahan 100.000 anggota, dengan asset mencapai Rp 1 triliun dan SHU Rp 12 M di tahun 2021 ini, bagi Hogi, merupakan tantangan besar yang perlu ditindaklanjuti dalam aksi nyata. “Kami akan bekerja lebih keras lagi dalam mencapai target tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KMM, Drs Tumbur Naibaho MM AAAIJ FSAI berharap Cabang Samosir 10 dapat menggenjot kinerja baik dalam penyaluran pinjaman Muri kepada anggota.

"Kita harapkan produk yang juga dikhususkan untuk membantu program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dicanangkan pemerintah, ini bisa semakin dirasakan manfaatnya oleh para anggota KMM pelaku usaha. Karena para anggota KMM mendapatkan tambahan modal kerja sehingga di situasi Covid 19 ini, usaha mereka dapat bangkit kembali," ujar Tumbur Naibaho.(SBS).
×
Berita Terbaru Update