-->

Notification

×

iklan

Iklan

Lama Dicita-citakan, Akhirnya Keturunan Sagala Raja Bangun Tugu Parsadaan

Kamis, 04 Maret 2021 | 14.21 WIB Last Updated 2021-03-04T09:24:31Z
Peletakan batu pertama pembangunan Tugu keturunan Sagala Raja.
Samosir(DN)
Keluarga besar marga Sagala yang tersebar di seluruh dunia menyadari pentingnya pelestarian budaya daerah sebagai pemersatu sekaligus merupakan manifestasi dari pelaksanaan falsafah Dalihan Na Tolu.

Untuk mengkongkritkan dasar pemikiran diatas, disepakati pendirian tugu yang merupakan monumen dan melambangkan persatuan dan kesatuan seluruh keturunan marga Sagala di jagad raya ini.

Setelah melalui berbagai musyawarah menyangkut teknis dan pendanaan, pada hari ini Kamis, 4 Maret 2021 dilaksanakanlah peletakan batu pertama Tugu Marga Sagala di Gindolok, Sagala, Kecamatan Sianjur Mulamula Kabupaten Samosir.

Pembangunan tugu/monumen ini merupakan hal yang sudah lama dicita-citakan keturunan marga Sagala diseluruh dunia, mengingat marga Sagala salah satu marga tertua di suku Batak.

Acara yang dimulai dengan kebaktian dipimpin oleh Pdt.Perwin Manullang S.Th dengan bertema Kerukunan Yang Sejati. "Dengan peletakan batu pertama monumen ini, Sagala Raja dan Boru semakin hidup rukun."

Salah satu Raja Bius Sagala, Halomoan Sagala mengatakan dengan berdirinya tugu ini, menunjukkan persatuan dan kesatuan marga Sagala dimanapun berada serta ingat akan kampung halaman.

"Monumen ini merupakan hal yang sudah lama dicita-citakan, yang nantinya menjadi pemersatu bagi marga Sagala yang saat ini sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Setelah peletakan pertama ini, keturunan Sagala Raja diharapkan semakin kompak dan ingat pulang kampung," ujar Halomoan.

Dirinya juga berharap tugu yang akan dibangun ini juga menjadi ikon pariwisata di Samosir dan Sianjur Mulamula secara khusus. "Letak yang strategis ini, bisa menjadi ikon wisata," tambahnya.

Sementara itu, Plt Sekretaris Punguan Sagala Raja se-Indonesia Reinhard Sagala mengatakan dengan dibangunnya tugu ini bisa menjadi daya tarik untuk kawula muda mengingat kampung halamannya.

"Kalau tugu ini sudah jadi, diharapkan menjadi daya tarik para keturunan marga Sagala yang diperantauan untuk pulang kampung," ungkap Reinhard.

Plh Bupati Samosir, Jabiat Sagala yang turut hadir mengapresiasi kebersamaan seluruh pomparan marga Sagala. Ia mendukung pembangunan tugu marga Sagala tersebut.

Menurutnya, pembangunan ini merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu dirinya mengajak seluruh marga Sagala untuk ikut berpartisipasi menyukseskan pembangunan tugu pemersatu itu.

Ditempat yang sama, Anggota DPRD Samosir Jonni Sagala menambahkan, pembangunan tugu ini merupakan hal yang sudah lama digagas baik perantau maupun yang tinggal di bonapasogit.

"Mudah-mudahan dengan ada monumen ini bisa jadi alat pemersatu dan anak rantau dapat kembali mengingat kampung halaman," pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update