-->

Notification

×

iklan

Iklan

Komisi I DPRD Samosir Sidak Pelayanan RSUD dr Hadrianus Sinaga Pangururan

Selasa, 02 Maret 2021 | 14.01 WIB Last Updated 2021-03-04T14:45:11Z
Inspeksi mendadak Komisi I DPRD Samosir ke RSUD dr Hadrianus Sinaga Pangururan.
Samosir(DN)
Guna memastikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat berjalan dengan baik, Komisi I DPRD Samosir melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Hadrianus Sinaga, yang terletak di Kelurahan Pintusona, Kecamatan Pangururan, Selasa, 2 Maret 2021.

Kunjungan lapangan itu, dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I Saurtua Silalahi bersama anggota dewan Polten Simbolon, Romauli Panggabean, Mangdalena Sitinjak, Noni Situmorang beserta pegawai Sekretariat DPRD Samosir.

Dari pantauan wartawan, mengawali sidak, para legislator itu langsung menuju ruangan Direktur RSUD dr Hadrianus Sinaga, dr Friska Situmorang. Mereka tidak mendapati para pimpinan rumah sakit, baik direktur maupun Kepala Tata Usaha (KTU) diruangannya.

Menurut staf, direktur sedang mengikuti rapat di salah satu hotel di Pangururan. Sementara Kepala Tata Usaha mengikuti Musrenbang di Kecamatan Sianjurmulamula. Informasinya, Musrenbang ditunda sehingga DPRD Samosir meminta agar KTU dihubungi untuk datang mendampingi para legislator tersebut.
Setelah mengunjungi ruang direktur, satu persatu ruangan di RSUD dr Hadrianus Sinaga dikunjungi para anggota dewan. Mulai dari ruang kelas III, II, I hingga VIP, ruang isolasi pasien Covid-19 yang dipantau dari CCTV serta pelayanan di tempat poliklinik.

Dalam kesempatan tersebut, selain mengecek kelengkapan tenaga medis dan manajemen rumah sakit, ia juga memantau kinerja seluruh jajaran RSUD, baik dari tenaga medis maupun non medis dalam memberikan pelayanan kepada pasien.

Para wakil rakyat itu langsung berinteraksi dengan para pegawai dan staf serta sejumlah pasien guna mengetahui pendapat mereka terhadap layanan yang diterima serta pembenahan yang perlu dilakukan.
Komisi I DPRD Samosir berbincang dengan pasien terkait pelayanan RSUD dr Hadrianus Sinaga.
Ketua Komisi I Saurtua Silalahi mengaku DPRD Samosir sengaja melakukan sidak untuk melihat sistem pelayanan dan menyerap aspirasi di rumah sakit.

“Selaku mitra kerja, kita ingin memastikan pelayanan kesehatan di RSUD berjalan dengan baik. Kita juga ingin tahu apa kekurangan disana baik fasilitas maupun lainnya sehingga bisa dianggarkan di tahun berikutnya,” sebutnya.

Secara umum, menurut Politisi Gerindra itu, pelayanan rumah sakit kepada pasien sudah lumayan baik namun Komisi I juga memberikan catatan terkait kondisi rumah sakit. Seperti kebersihan dan kenyamanan rumah sakit, agar bisa dilakukan perbaikan.

"Kita sudah melihat sejumlah ruang perawatan dan ternyata hasilnya sudah cukup baik. Hanya saja, kita tekannya kamar mandi jangan kekurangan air dan dijaga kebersihannya. Serta beberapa masalah lampu yang rusak di kamar mandi agar segera diganti,” tegasnya.
Komisi I DPRD Samosir mencek pelayanan di ruang NICU.
Terkait kekurangan tenaga nakes baik perawat maupun dokter serta masih belum memadai insentif pegawai, Saurtua Silalahi mengaku aspirasi tersebut akan menjadi atensi DPRD Samosir untuk dicarikan solusinya bersama pemerintah kabupaten.

Terakhir, Komisi I DPRD Samosir meminta manajemen rumah sakit untuk terus berbenah dan meningkatkan pelayanan dengan baik. Sehingga tak ada lagi keluhan masyarakat. “Kita selaku Komisi I DPRD juga siap menampung jika ada keluhan-keluhan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha RSUD dr Hadrianus Sinaga Pangururan, Hara Sigalingging mengatakan, pihaknya berterima kasih dengan adanya sidak yang dilakukan Komisi I DPRD Samosir.

“Kami ucapkan terima kasih, karena sudah diperhatikan. Dengan kunjungan DPRD ini, dapat membawa harapan perbaikan pelayanan maupun sarana prasarana di rumah sakit milik Pemkab Samosir ini kedepannya," tutur Hara.(SBS).
×
Berita Terbaru Update