-->

Notification

×

iklan

Iklan

Gempa Berkekuatan 2,6 SR Kembali Guncang Samosir

Sabtu, 20 Maret 2021 | 07.24 WIB Last Updated 2021-03-20T09:27:03Z
Lokasi gempa terjadi Kabupaten Samosir dengan magnitudo 2,6 SR. Foto: Istimewa
Samosir(DN)
Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMK) melaporkan terjadi gempa bumi bermagnitudo 2.6 SR di sebagian wilayah Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (19/3/2021) sekira pukul 19.25 WIB.

Episenter gempa terletak pada koordinat 2.61 LU dan 98.65 BT. Pada jarak 5 KM Barat Daya, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara dengan kedalaman 3 Km.

Dari laporan BMGK, sejak awal Januari 2021 sudah terjadi beberapa kali gempa di Kabupaten Samosir. Dari total gempa terjadi, tidak ada kerusakan yang terjadi.

Terkait rentetan gempa yang terjadi di Samosir, beberapa waktu lalu Plt Kepala BMKG Wilayah I Medan Eridawati mengatakan bahwa gempa tersebut merupakan gempa bumi tektonik dimana disebabkan aktivitas sesar lokal di Samosir.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sistem sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen renun," jelas Eridawati.

Atas kejadian tersebut, pihaknya juga menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," pungkasnya.

Selain Kabupaten Samosir, beberapa wilayah di Sumatera Utara pada tahun 2021 terjadi gempa, yakni Kabupaten Toba, Kabupaten Karo, Nias Selatan, Nias Barat, Kota Binjai, Sibolga, Padang Sidempuan dan Tapanuli Selatan.(red).
×
Berita Terbaru Update