-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Buntut KLB: AHY Pecat Sejumlah Ketua DPC Partai Demokrat, Ini Daftarnya

Kamis, 11 Maret 2021 | 09.12 WIB Last Updated 2021-03-11T04:14:16Z
AHY dan Moeldoko.(Foto:ist).
Jakarta(DN)
Buntut Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara, Partai Demokrat pimpinan AHY memecat sejumlah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat yang hadir dalam acara tersebut.

Hingga kini, ada puluhan Ketua DPC yang sudah dipecat oleh Partai Demokrat. Pemecatan itu dilakukan usai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) buka suara.

"Menurut AD dan ART Partai Demokrat Pasal 81 ayat 4 disebutkan bahwa KLB dapat diadakan atas permintaan Majelis Tinggi Partai atau sekurangnya dua pertiga dari jumlah DPD dan setengah dari DPC, serta disetujui oleh Ketua Majelis Tinggi Partai," jelas SBY, Jumat malam.

SBY menerangkan syarat pertama digelarnya KLB harus persetujuan Majelis Tinggi Partai. Pada poin pertama, SBY menyebut syarat itu sudah gugur, tak terpenuhi peserta KLB.

Kemudian KLB juga harus diusulkan oleh minimal dua pertiga dari 24 DPD. Dari syarat tersebut, SBY juga menyebut gugur lantaran tidak ada DPD yang mengusulkan KLB di Sumut. "Kenyataannya, tidak satu pun yang mengusulkan, berati nol, jadi tak memenuhi syarat kedua," tutur SBY.

Syarat ketiga adalah DPC yang mengusulkan KLB minimal setengah dari 514 DPC yang ada. Namun, lanjut SBY, hanya 34 DPC yang mengusulkan atau hanya 7 persen dari seharusnya 50 persen.

Tidak lama setelah pidato SBY itu, sejumlah Ketua DPD langsung mengambil langkah dengan memecat sejumlah Ketua DPC.

Sebelumnya, gelombang pertama pemecatan terjadi sebelum KLB digelar. Pada Jumat (26/2), Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief mengumumkan pemecatan tujuh kader.

Dua di nama di antaranya menjabat sebagai ketua DPC. Mereka adalah Ketua DPC Tegal Ayu Palaretin dan Ketua DPC Blora Bambang Susilo.

Dan, setelah KLB digelar Johni Allen cs untuk memilih Moeldoko, DPP Demokrat pimpinan AHY pun mengambil tindakan tegas terhadap kader-kader yang ikut serta.

Berdasarkan catatan yang dihimpun dari cnn dan detikcom, berikut daftar Ketua DPC Partai Demokrat yang dipecat AHY karena ikut KLB.

Sumatera Utara
1. Ketua DPC Padang Sidimpuan
2. Ketua DPC Humbang Hasundutan

Sumatera Selatan
1. Ketua DPC Pagar Alam
2. Ketua DPC Ogan Ilir
3. Ketua DPC Musi Banyuasin

Jawa Tengah
1. Ketua DPC Tegal
2. Ketua DPC Blora

Jawa Timur
1. Ketua DPC Ngawi
2. Ketua DPC Sumenep

Sulawesi Selatan
1. Ketua DPC Sidrap
2. Ketua DPC Barru
3. Ketua DPC Pangkajene dan Kepulauan
4. Ketua DPC Takalar

Sulawesi Utara
1. Ketua DPC Sitaro
2. Ketua DPC Tomohon
3. Ketua DPC Sangihe
4. Ketua DPC Bolaang Mongondow
5. Ketua DPC Bolaang Mongondow Timur
6. Ketua DPC Bolaang Mongondow Utara
7. Ketua DPC Bolaang Mongondow Selatan.

Demokrat DIY
1. Ketua DPC Sleman
2. Ketua DPC Bantul.(red/cnn/dtc).
×
Berita Terbaru Update