-->

Notification

×

iklan

Iklan

Polres Samosir Hancurkan Puluhan Knalpot Blong

Kamis, 18 Februari 2021 | 08.33 WIB Last Updated 2021-02-18T03:20:25Z
Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH menghancurkan knalpot blong dengan cara dipotong menggunakan mesin pemotong.
Samosir(DN)
Polres Samosir menghancurkan 31 knalpot blong yang disita dari hasil tilang kendaraan bermotor roda dua selama Januari-Februari Tahun 2021. Knalpot blong ini kerap dikeluhkan warga Samosir. Karena kebisingan yang dihasilkan sangat mengganggu kenyamanan masyarakat.

"Kami lakukan penyitaan kepada 31 kendaraan berbagai merk selama beberapa hari di wilayah hukum Polres Samosir," kata Kapolres Samosir, AKBP Josua Tampubolon SH MH saat menggelar press release di Mako Polres Samosir, Rabu, 17/2.

Pada press release pengungkapan sejumlah kasus kejahatan ini, Kapolres Samosir, AKBP Josua Tampubolon SH MH didampingi Wakapolres Kompol Rachmad Affandi, Kabag Ops, Kabag Sumda, Kasat Intel, Kasat Reskrim, Kasat Sabhara, Narkoba, dan sejumlah personil Polres Samosir. Serta dihadiri perwakilan tokoh agama dan tokoh masyarakat.
Diketahui, dari total motor berknalpot blong yang terjaring, sebagian di antaranya tidak memiliki sutar-surat kelengkapan kendaraan. Sedangkan sebagian sisanya, petugas meminta para pemilik untuk mengganti knalpot racing tersebut dengan yang standar pabrikan.

"Knalpot brong ini tidak sesuai dengan standart pemerintah. Bagi masyarakat yang ingin mengambil kendaraan yang disita dapat mengambilnya dengan membawa knalpot orisinil dan surat resmi kendaraan," tambah AKBP Josua.

Seluruh knalpot racing yang sudah disita kemudian dimusnahkan oleh Polres Samosir dengan cara dipotong menggunakan mesin pemotong.

Josua menegaskan, nantinya setelah pemusnahan knalpot, pihaknya masih akan terus melakukan tilang terhadap ratusan sepeda motor yang menggunakan knalpot racing.

"Operasi knalpot racing akan terus dilakukan, pasalnya suara yang dihasilkan dari knalpot blong sangat menganggu telinga. Kami mengimbau agar pemilik motor tidak menggunakan knalpot blong. Gunakanlah knalpot standart pabrik," kata dia.

Sebelumnya, meski baru menjabat beberapa pekan terakhir, terhitung mulai awal Januari 2021, Kapolres Samosir, AKBP Josua Tampubolon SH MH, sudah berhasil mengungkap beberapa kasus di wilayah kerjanya.

Dari beberapa kasus itu yakni pengungkapan tindak pidana pencurian, perjudian, penyalahgunaan narkotika, dan penertiban kendaraan roda dua knalpot blong.

"Ada beberapa kasus yang berhasil kami bongkar. Yakni tindak pidana pencurian dengan 9 tersangka, tindak pidana judi ada 4 tersangka, penyalahgunaan narkoba ada 8 tersangka dan menertibkan 31 sepeda motor yang menggunakan knalpot blong," ungkap AKBP Josua Tampubolon SH MH.

Menurut Kapolres, pihaknya tidak hanya berhasil mengamankan tersangka, jajaran Polres Samosir juga sukses menyita sejumlah barang bukti, yang dipakai para tersangka dalam melakukan tindak kejahatan.

“Selanjutnya, semua kasus baik dari seluruh Polsek dan Polres Samosir, secepatnya akan dilimpahkan ke pihak Kejaksaan untuk proses sidang,” pungkas mantan Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Sumut itu.(SBS). 

×
Berita Terbaru Update