-->

Notification

×

iklan

Iklan

Hadir di Ronggurnihuta, KMM Buka Cabang ke-10 di Kabupaten Samosir

Senin, 04 Januari 2021 | 11.56 WIB Last Updated 2021-01-04T05:54:17Z
Korwil Sumut 2, Sondang Sinurat saat meresmikan kantor cabang KMM ke-10 di Kabupaten Samosir.
Samosir(DN)
Mengawali lembaran kalender tahun 2021, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri atau familiar disingkat KMM, langsung tancap gas ekspansif sayap usahanya.

Pasalnya, pada hari ini Senin, 4 Januari 2021, koperasi nasional yang berkantor pusat di Bekasi Jawa Barat ini, resmi membuka kantor cabang baru di Kecamatan Ronggurnihuta, Kabupaten Samosir, Propinsi Sumatera Utara.

Peresmian cabang KMM ke-152 se-Indonesia dan cabang ke-10 di Kabupaten Samosir ini, diresmikan langsung Ketua KMM, Drs Tumbur Naibaho MM AAAIJ FSAI melalui Koordinasi Wilayah Sumut 2, Sondang Sinurat.

Hadir dalam peresmian kantor baru itu, para jajaran pengurus kantor cabang di Kabupaten Samosir serta manajer cabang Ronggurnihuta, Hosman Sagala, wakil manajer Rotua Siringoringo beserta para karyawan.

Korwil Sumut 2, Sondang Sinurat saat meresmikan kantor cabang baru itu mengatakan dengan bertambahnya satu kantor cabang yang baru di Kabupaten Samosir, sehingga sudah ada 10 kantor cabang KMM di Samosir yang tersebar di 8 kecamatan.

Dimana ke-10 cabang KMM di Kabupaten Samosir tersebut yakni Samosir 1 di Pardomuan 1 Kecamatan Pangururan, Samosir 2 di Sait Nihuta Kecamatan Pangururan dan Samosir 3 di Tomok Kecamatan Simanindo.

Kantor cabang Samosir 4 di Parbaba, Kecamatan Pangururan, Samosir 5 di Mogang Kecamatan Palipi, Samosir 6 di Kecamatan Nainggolan, cabang Samosir 7 di Limbong Kecamatan Sianjurmulamula.

Serta cabang KMM Samosir 8 di Onan Runggu, Cabang Samosir 9 di Sihotang Kecamatan Harian dan Cabang Samosir 10 yang baru diresmikan di Ronggurnihuta.

Sondang mengharapkan kehadiran kantor cabang baru ini dapat meningkatkan kualitas layanan simpan pinjam dengan berbagai kemudahan, kecepatan, serta kenyamanan pada seluruh anggota, calon anggota maupun bagi masyarakat Samosir.
Pinjaman MURI KMM.
"Semoga dengan adanya Samosir 10 ini bisa menjadi saluran berkat buat masyarakat Ronggurnihuta," kata Sondang Sinurat yang juga manajer cabang Samosir 1 itu.

Korwil Sumut 2 ini juga berharap setiap karyawan KSP Makmur Mandiri harus bekerja dengan jujur, ramah, senyum dan bersahabat, seturut dengan motto yang dipegang teguh KMM sehingga sukses menapaki kemajuan yang begitu berarti.

"Mari kita jadikan KMM menjadi rumah kita, tempat kita untuk berkeluh kesah mencari nafkah dan tempat kita bergaul," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KMM, Drs Tumbur Naibaho MM AAAIJ FSAI menambahkan bahwa pembukaan kantor baru ini guna lebih meningkatkan layanan dan kedekatan dengan anggota.

Juga wujud konsistensi koperasi yang didirikan pria kelahiran Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir ini untuk mengapai target 200 cabang yang tersebar di 24 propinsi di tahun 2021. Serta 12 cabang KMM di Kabupaten Samosir.

Suami Jusniar Simbolon ini juga berharap Cabang Samosir 10 dapat menggenjot penyaluran pinjaman Muri kepada anggota. Adapun persyaratan utama produk Muri ini yakni sudah menjadi anggota KSP Makmur Mandiri (memiliki simpanan pokok Rp 1 juta).

"Kita harapkan produk yang juga dikhususkan untuk membantu program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dicanangkan pemerintah, ini bisa semakin dirasakan manfaatnya oleh para anggota KMM pelaku usaha. Karena para anggota KMM mendapatkan tambahan modal kerja sehingga di situasi Covid 19 ini, usaha mereka dapat bangkit kembali," ujar Tumbur Naibaho.

Jika awal launching pada awal Juni 2020 lalu, jasa pinjaman ini dipatok sebesar 2% per bulan, yang beberapa waktu lalu juga sudah dua kali diturunkan menjadi sebesar dari 1,8% hingga 1,5%.
Jasa Pinjaman MURI KMM diturunkan hingga 1,2% dalam rangka menyambut HUT ke-12 KMM. 
Kini, jasa pinjaman MURI KMM tersebut diturunkan lagi menjadi 1,2%. Dan besaran pinjaman mulai Rp 1 juta sampai 250 juta. Tergantung kepada kelayakan usaha, omzet per bulan, kelengkapan berkas, status kepemilikan tempat usaha dan besarnya nilai agunan pinjaman.

"Dalam rangka menyambut HUT ke-12 KSP Makmur Mandiri pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang, selama enam bulan mulai hari ini 22/12 hingga 22/6 2021, jasa pinjaman produk MURI kembali kita turunkan menjadi 1,2 %," ungkap putra 12 Bersaudara itu.

Program khusus ini berlaku untuk pinjaman pertama MURI, bukan top up dan anggota sudah lunas simpanan pokok 1jt. Untuk pinjaman MURI (tambah pinjam/ top up) ke-2, ke-3, ke-4 dan seterusnya yang realisasi periode 22/12-22/06, jasa pinjaman yang berlaku adalah 1,5%.

"Jangka waktu pinjaman mulai 1 bulan sampai 36 bulan, disesuaikan dengan perputaran usaha dan kemampuan bayar anggota. Untuk usaha dengan perputaran dana harian, disarankan untuk menabung tiap minggu atau dua sampai tiga kali seminggu. Sehingga angsuran bulanan menjadi lebih ringan diambil dari tabungan yang sudah terkumpul," tambahnya.

Dipercaya memimpin cabang baru, Samosir 10, Hosman Sagala bertekad meningkatkan pemasaran dan menjadikan cabang yang ia pimpin sebagai salah satu cabang Makmur Mandiri terbaik diantara seluruh cabang yang ada.

Guna mewujudkan hal itu, dirinya akan senantiasa menjaga kebersamaan. "Dengan kebersamaan, niscaya program kerja yang disusun dapat dieksekusi sesuai harapan. Dan didukung dengan sikap profesional untuk mencapai tujuan bersama yakni maju dan bertumbuh bersama anggota," tuturnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update