-->

Notification

×

iklan

Iklan

Rayakan Ulang Tahun Ke-11, KMM Bidik Penambahan Anggota Menjadi 100.000 Orang

Senin, 22 Juni 2020 | 18.30 WIB Last Updated 2020-06-22T14:40:55Z
Pemotongan kue HUT ke-11 KSP Makmur Mandiri oleh Tumbur Naibaho bersama istri Jusniar Simbolon beserta para pengurus, pengawas dan penasehat di kantor pusat, Bekasi, Jawa Barat.
Bekasi(DN)
Hari ini, Senin, 22 Juni 2020, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri berulang tahun. Merayakan ulang tahunnya yang ke-11, koperasi yang familiar disingkat KMM ini menargetkan pertumbuhan jumlah anggota mencapai 100 persen dari tahun lalu.

Hal ini disampaikan Ketua KSP Makmur Mandiri, Drs. Tumbur Naibaho, MM, FSAI pada perayaan HUT ke-11 KSP Makmur Mandiri yang dirayakan di kantor pusat yang beralamat di Bekasi, Jawa Barat, Senin, 22 Juni 2020.

Mengawali sambutannya, Putra 12 Bersaudara tersebut mengatakan, tidak terasa perjalanan Koperasi Makmur Mandiri hari ini memasuki usia 11 tahun. Dirinya bersyukur, dalam kurun waktu 11 tahun ini, berbagai kemajuan dan perkembangan sukses digapai KSP Makmur Mandiri.

Ditambahkan, KMM pada semester 1/2020 sebelum adanya wabah covid-19 telah menambah kantor cabang baru sebanyak 4 yakni Cabang Humbahas 2 di Lintong Nihuta, Cabang Curug di Tangerang, Cabang Jatim6 di Pasuruan dan Cabang Pangkal Pinang di Provinsi Babel.

"Sehingga saat ini ada 142 kantor cabang KSP Makmur Mandiri yang tersebar di 21 Provinsi di Indonesia. Dan dikelola 1.334 karyawan," kata Tumbur Naibaho.

Ketua Pengawas KMM dan Jusniar Simbolon meniup lilin kue pemberian Majalah Peluang atas HUT ke-11.
Tak hanya itu, meski pandemi Covid-19 masih melanda dunia sampai saat ini, jumlah anggota KSP Makmur Mandiri tetap terus bertambah dari 53.122 orang di akhir tahun 2019 lalu menjadi 55.886 orang per 31 Mei 2020. Dengan kekayaan sebesar Rp 555,5 M meningkat dari tahun lalu sebesar Rp 501,5 M.


Hingga akhir tahun 2020 ini, KSP Makmur Mandiri menargetkan penambahan anggota menjadi 100.000 orang. Sehingga nantinya akan ada tambahan modal berupa Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib meningkat setiap bulan.

Ratio Kecukupan Modal/ CAR (capital adequacy ratio) atau perbandingan antara Modal dan Kekayaan yang saat ini sebesar 13,01% pun juga perlahan terus meningkat hingga mencapai 20%.

"Kita tingkatkan jumlah Anggota di setiap kantor cabang. Apabila di akhir tahun 2020 ini tercapai target kita menambah jumlah anggota menjadi 100.000 orang, maka CAR kita juga akan meningkat menjadi 15%," ungkap Suami Jusniar Simbolon itu.

Tumbur Naibaho juga menerangkan bahwa pada akhir bulan Mei 2020 lalu, KSP Makmur Mandiri mendapat kepercayaan dari Kementerian Koperasi & UKM RI melalui Lembaga Pinjaman Dana Bergulir (LPDP), yang memberikan Pinjaman Modal Kerja sebesar 50 M.

Dana bantuan ini sangat membantu KSP Makmur Mandiri untuk membantu modal kerja para anggota, sehingga dengan situasi Covid 19 ini, usaha mereka dapat bangkit kembali.

Selain itu, KMM juga mendapat Pinjaman Modal Kerja dari Bank Jatim dan Pinjaman Investasi dari Bank BRI Agro.

"Untuk kepercayaan yang sudah diberikan kepada KSP Makmur Mandiri, kita patut menyampaikan terima kasih," tambahnya.

Pria kelahiran Tanjung Bunga ini juga melaporkan bahwa di bulan Juni 2020 ini KSP Makmur Mandiri telah mengambil alih PT Karunia Putri Sejati yang mengelola Stasiun Pengisisan Bahan Bakar Umum (SPBU atau Pompa Bensin), satu-satunya SPBU saat ini di Kabupaten Samosir. Dan mulai 1 Juli 2020, PT tersebut berobah nama menjadi PT Karunia Putri Sejati Makmur Mandiri.
Tumbur Naibaho, Ketua KSP Makmur Mandiri saat menyampaikan sambutannya.
Menjaga Kepercayaan Anggota
Di situasi sulit di masa pandemi virus Corona saat ini, Tumbur Naibaho menjelaskan bahwa ada sejumlah koperasi yang bermasalah. Ada yang gagal bayar dan berlanjut ke Pengadilan. Bahkan ada yang tutup. Dirinya bersyukur hal ini tidak terjadi kepada KSP Makmur Mandiri.

Demi menjaga dan mempertahankan eksistensi, Ketua KSP Makmur Mandiri mengajak para karyawannya untuk sama-sama menjaga kepercayaan para anggota. Sehingga kejadian seperti ini tidak pernah terjadi ke KMM.

"Mari sama-sama menjaga likuiditas perusahaan dengan baik, sehingga ketika ada di antara anggota yang mencairkan sebagian atau seluruh dananya berupa simpanan sukarela, kita mampu memenuhi tepat waktu," tuturnya.

Mengakhiri sambutannya, Tumbur Naibaho juga menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang banyak membantu perkembangan KSP Makmur Mandiri. Dunia perbankan, insan pers khususnya Majalah Peluang yang rutin memberitakan KSP Makmur Mandiri.

Tak lupa, ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua Anggota Koperasi Makmur Mandiri di Seluruh Indonesia. Menurutnya, koperasi ini maju dan bertumbuh karena dukungan para anggota yang melunasi simpanan pokok dan senantiasa rutin menyetor simpanan wajib setiap bulan.

Disampaikan juga terima kasih kepada para pengurus, pengawas, penasehat dan karyawan KSP Makmur Mandiri, baik di kantor pusat maupun di kantor cabang yang sudah bekerja keras membangun dan mengelola KSP Makmur Mandiri.

"Akhir kata, kami mohon maaf jika ada pelayanan yang tidak berkenan. Dengan kerendahan hati kami mohon dukungan kita semua sehingga KSP Makmur Mandiri dapat berjalan dengan baik, bertumbuh dan maju bersama Anggota. Koperasi Makmur Mandiri, dari Anggota, oleh Anggota dan untuk Anggota. Mari kita bekerja dengan selalu jujur, ramah, senyum dan bersahabat. Tuhan Memberkati," pungkasnya.(SBS).
×
Berita Terbaru Update