-->

Notification

×

iklan

Iklan

Jelang Normal Baru, Kabupaten Samosir Intens Berkoordinasi Dengan Pemprovsu

Sabtu, 27 Juni 2020 | 18.30 WIB Last Updated 2020-06-27T14:39:29Z
Bupati Samosir, Rapidin Simbolon pada akhir tahun 2019 lalu, menerima penghargaan dari Gubsu Edy.
Samosir(DN)
Menjelang pemberlakuan normal baru secara terbatas di Kabupaten Samosir, Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Samosir tetap berkoordinasi dengan GTPP Covid-19 Pemprovsu.

Kesiapan demi kesiapan terus dibenahi secara perlahan dan pasti untuk transisi ke normal baru mulai dari penyusunan dan pengeluaran Standar Operasional Prosedur (SOP) hingga pemantauan dan evaluasi harian terbarukan yang diterima dari posko-posko di jalur darat dan danau.

Dikatakan Ketua GTPP Kabupaten Samosir, Rapidin Simbolon, hingga hari ini, Sabtu (27/6) masih banyak terjadi pemulangan bagi orang-orang yang berkunjung ke Samosir untuk tujuan wisata baik jalur darat dan danau.

"Pemulangan ini dikarenakan tujuan-tujuan wisata belum dibuka secara resmi bagi masyarakat luar Samosir. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi transmisi lokal terutama mereka yang Orang Tanpa Gejala (OTG)," ungkapnya.

Menurut Bupati Samosir itu, konsistensi dan determinasi ini memang cukup berat namun tindakan ini adalah untuk kebaikan masyarakat Kabupaten Samosir secara umum.

Disampaikan juga, GTPP Covid-19 Kabupaten Samosir tetap mengikuti arahan Presiden RI Joko Widodo yaitu (1) prakondisi yang ketat, (2) perhitungan yang cermat dalam mengambil kebijakan yang harus didasarkan data dan fakta di lapangan.

3. penentuan prioritas yang harus disiapkan secara matang mengenai sektor dan aktivitas mana saja yang bisa dimulai dan dibuka secara bertahap, (4) konsolidasi dan koordinasi antara pemerintah pusat dengan daerah, dan (5) evaluasi secara rutin.

"Kordinasi tetap dilakukan dengan GTPP Covid-19 Provinsi Sumatera Utara dan Nasional. Hasil kordinasi ini tetap mengacu pada pendekatan, strategi, dan metode serta prinsip-prinsip pencegahan dan penanganan Covid-19," tambah Rapidin.

Disamping itu, GTPP Covid-19 Kabupaten Samosir tetap mengimbau pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat dalam sikap dan perilaku hidup masyarakat Samosir untuk tetap beraktivitas untuk produktivitas dan aman dari infeksi Covi-19.

"Ini adalah pilihan, mari kita laksanakan dengan sungguh-sungguh dan berharap vaksin Covid-19 segera dapat ditemukan, diujicobakan, dan dipasarkan secara masif dalam kurun waktu yang tidak lama, namun vaksin pencegahan saat ini adalah mari praktikkan protokol kesehatan secara utuh dan menjadi gaya hidup sehari-hari," tuturnya.

"Mari bersiap untuk normal baru, lakukan protokol secara ketat, mari menatap hari esok yang lebih baik dengan mencermati segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita secara arif dan bijaksana," pungkas Rapidin Simbolon.(SBS).
×
Berita Terbaru Update