-->

Notification

×

iklan

Iklan

Berkat Dukungan Anggota, Ditengah Pandemi KMM Tetap Bukukan Kinerja Positif

Rabu, 29 April 2020 | 20.30 WIB Last Updated 2020-04-29T14:36:02Z
Ketua KMM, Drs. Tumbur Naibaho, MM.
Bekasi(DN)
Dunia termasuk Indonesia sedang dihadapkan dengan kehadiran wabah virus corona atau Covid-19. Kehadiran wabah ini cukup menghawatirkan kesehatan. Juga berdampak besar terhadap perekonomian.

Namun ditengah berbagai sektor industri mengalami pukulan telak di masa pandemi Covid-19. Dimana berbagai kelompok perusahaan terdampak besar bahkan ada yang terancam gulung tikar, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri atau familiar disingkat KMM tetap stabil dan membukukan kinerja positif.

Ketua KSP Makmur Mandiri, Drs. Tumbur Naibaho, MM menyampaikan meski pandemi ini belum tahu kapan berakhirnya, sejauh ini gempuran perlambatan ekonomi tidak berdampak signifikan kepada KSP Makmur Mandiri.

Semua ini, lanjut Putra 12 Bersaudara, itu berkat dukungan dari 57.779 orang anggota serta 1.215 karyawan di 142 kantor yang tersebar di 21 propinsi, sehingga KSP Makmur Mandiri tetap berkibar dengan baik.

"Puji Tuhan, di situasi Covid-19 ini, KSP Makmur Mandiri tetap melayani para anggota dengan baik. Terimakasih atas kepercayaan anggota yang sangat tinggi kepada KSP Makmur Mandiri," ungkap Tumbur Naibaho.

Dikatakan Suami Jusniar Simbolon itu, memang selama pandemi ini, ada sejumlah anggota yang menarik dananya. Namun banyak juga anggota yang menyimpan dananya, sehingga perputaran uang di KSP Makmur Mandiri tidak mengalami kendala.

KSP Makmur Mandiri sebagai lembaga keuangan, sesuai ketentuan pemerintah termasuk perusahaan yang boleh tetap buka, walau ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Pengurus pusat KSP Makmur Mandiri.
"Oleh karena itu, bagi para anggota yang memiliki deposito, tetap kami layani yang ingim mencairkan dananya, kapan saja dibutuhkan meski belum jatuh tempo. Dan tidak ada dikenakan pinalti. Kami pastikan likuiditas KSP Makmur Mandiri aman dan tidak perlu diragukan," tegasnya.

Meskipun belum ada dampak akibat pandemik virus corona, Tumbur mengaku tidak menjadikan KSP Makmur Mandiri lengah dan tetap waspada akan potensi risiko yang mungkin terjadi. Beberapa strategi bisnis telah diterapkan untuk menjaga kualitas layanan.

“Kondisi saat ini tentunya memprihatinkan, khususnya di indonesia. Oleh karena itu, sebagai bentuk mitigasi risiko KSP Makmur Mandiri menerapkan sejumlah strategi untuk memastikan semua operasi dapat berjalan normal," ujarnya.

Salah satu strategi yang dilakukan koperasi terbaik tahun 2018 ini yakni, khusus penyaluran pinjaman, dalam situasi pandemi ini KSP Makmur Mandiri membatasi diri dengan hanya melayani anggota lama yang sudah terbukti angsurannya selama ini lancar dan tempat tinggal jelas.

Sehingga, jika selama 3 bulan di awal tahun 2020 (Januari-Maret) mampu menyalurkan pinjaman kepada anggota diatas Rp 60 M/bulan, selama April hingga pandemi berakhir, KSP Makmur Mandiri hanya menyalurkan Rp 45 M/bulan.

Tambah Tumbur, pengurus KSP Makmur Mandiri sangat hati-hati sekali agar pinjaman tidak macet. Sehingga memfokuskan pinjaman mikro dengan besaran pinjaman hanya 3-5 jt/anggota.

Walaupun sejauh ini tingkat keberhasilan bayar kami cukup tinggi, namun tidak mengurangi antisipasi kami agar pendanaan tetap aman dan nyaman di masa pandemi Covid-19 saat ini," pungkas Tumbur Naibaho.(SBS).
×
Berita Terbaru Update