-->

Notification

×

iklan

Iklan

Kementerian Koperasi Puji Konsistensi KSP Makmur Mandiri Gelar RAT Tepat Waktu

Sabtu, 01 Februari 2020 | 20.30 WIB Last Updated 2020-02-02T07:02:29Z
Pengurus KSP Makmur Mandiri berphoto bersama sejumlah undangan dari kementerian koperasi dan UMKM RI serta dari dinas koperasi propinsi Jawa Barat.
Bogor(DN)
Kementerian Koperasi UKM RI melalui Deputi Bidang Kelembagaan, Rully Nuryanto SE, MSi memuji Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri yang konsisten dan selalu tepat waktu dalam menyelenggarakan rapat anggota tahunan (RAT).

"Ini menjadi indikator bahwa KSP Makmur Mandiri yang diketuai Drs. Tumbur Naibaho MM, adalah koperasi yang sudah berjalan baik dan dikelola sesuai prinsip-prinsip koperasi Indonesia," kata Rully saat menyampaikan sambutan pada RAT KSP Makmur Mandiri tahun 2019, Kamis (30/01/2020).

Pada acara yang diselenggarakan di Convention Hall Grand Smesco Hills, Cipari Langoan Cisarua Bogor ini, Deputi Bidang Kelembagaan, Rully Nuryanto menambahkan bahwa RAT merupakan salah satu bentuk forum dan moment silahturahmi yang baik menjalin komunikasi dua arah antara pengurus dan anggota koperasi.

"Forum RAT menjadi sangat penting dikarenakan RAT adalah salah satu mekanisme pengawasan internal koperasi," ujarnya.

Selain itu, forum RAT juga menjadi tempat para pengurus mempertanggungjawabkan kinerjanya dalam setahun belakangan. Dan para anggota koperasi harus benar mencermati laporan pertanggungjawaban para pengurus.
Deputi kelembagaan kementerian koperasi dan UMKM RI saat menyampaikan sambutan di acara RAT KSP Makmur Mandiri 2019.
Rully mengajak seluruh anggota dan pengurus menjaga KSP Makmur Mandiri agar tetap berjalan dengan baik serta memberikan manfaat yang baik bagi anggotanya.

Ditambahkan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi UKM RI, Suparno, SE, MM yang turut hadir, menyampaikan KSP Makmur Mandiri merupakan koperasi yang cukup sehat dengan anggota yang cukup besar 56 ribu.

"Kami juga mengapresiasi Koperasi Makmur Mandiri yang memiliki banyak cabang di berbagai daerah di Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, Ketua KSP Makmur Mandiri, Drs. Tumbur Naibaho MM, FSAI, AAAIJ lewat sambutannya menyampaikan bahwa Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun.

"Dari sisi aset mengalami pertumbuhan sebesar 63 %. Di 2018 lalu Rp.208 Milyar naik menjadi Rp.501 Milyar di akhir tahun 2019 kemarin," kata Tumbur Naibaho.

Pertumbuhan lain, terang Tumbur, pada jumlah anggota koperasi, mengalami pertumbuhan 60%. Dari 31.931 anggota naik menjadi 53.122 orang per tutup buku tahun 2019.
Ketua KSP Makmur Mandiri, Tumbur Naibaho.
Tak hanya itu, sisa hasil usaha (SHU) sebelum pajak tumbuh 25% diangka Rp.5,6 Milyar dari Rp.4,5 Milyar tahun 2018.

"Trend pertumbuhan positif juga ditandai penambahan jumlah kantor cabang KSP Makmur Mandiri, Desember 2019 jumlah kantor cabang 136 unit, naik 27% dari 107 KC dan tahun 2020 ini, kami targetkan menjadi 160 kantor cabang di 24 propinsi Indonesia," tutur suami Jusniar Simbolon tersebut.

Tumbur Naibaho, menambahkan, KSP Makmur Mandiri konsisten melakukan pembenahan manajemen sejalan dengan perkembangan teknologi digital terkini.

“Awal Februari ini, kami akan luncurkan aplikasi KSP Makmur Mandiri mobile. Yang nantinya akan dapat digunakan anggota. Setiap anggota dapat update setiap perkembangan dan informasi," jelasnya.

Putra 12 Bersaudara ini juga optimis tercapainya target yang dibebankan. “Target pinjaman tahun 2020 sebesar Rp.800 Milyar, keuntungan Rp.10 Milyar dan jumlah anggota 100.000 orang, optimis kita capai,” terang pria yang baru genap berusia 55 tahun.(SBS).
×
Berita Terbaru Update