-->

Notification

×

iklan

Iklan

Hujan Lebat, Holbung Diterjang Banjir Bandang

Selasa, 10 Desember 2019 | 01.00 WIB Last Updated 2019-12-09T18:00:18Z
Camat Sitiotio, Bresman Simbolon saat meninjau lokasi banjir bandang.
Samosir(DN)
Tadi malam, 8 Desember 2019, sekira pukul 22.00 wib, hujan turun sederas-derasnya di sejumlah kawasan Kabupaten Samosir. Yang mengakibatkan dua sungai kecil di Desa Holbung, Kecamatan Sitiotio yang bermuara ke Danau Toba, meluap.

Tak lama kemudian, saat debit air sungai membesar yang turut mendorong bebatuan bahkan batang-batang pohon dari hulu hingga hilir, warga di Desa Holbung mendengar gemuruh besar.

Gemuruh bebatuan yang berdentuman itu seketika membuat keluarga meninggalkan rumah dan mencari lokasi paling aman.

Luapan air hujan yang mengalir deras bercampur lumpur, bebatuan dan pepohonan itu pun meluap menghancurkan beberapa tempat.
Dermaga sebagai ujung sungai adalah yang paling parah. Dua bubusan porak poranda, dermaga kayu dan beton jungkir balik. Persawahan dan perladangan masyarakat turut diterjang banjir.

Camat Sitiotio, Bresman Simbolon saat dikonfirmasi wartawan, Senin pagi,(9/12/2019) membenarkan kejadian itu.

"Akses jalan penghubung antara Kecamatan Sitiotio lumpuh karena jalan tertutupi material lumpur, kayu yang terbawa banjir," ujar Bresman.

Sementara itu, menurut warga Holbung, Andreas Siringoringo, banjir bandang melanda wilayah Holbung diawali hujan deras turun sejak Minggu malam (8/12/2019) hingga dini hari. 

"Arus air yang meluap dari sungai sangat deras, menyebabkan jembatan, pelabuhan kapal rusak terseret. Beruntung pada saat kejadian tidak ada korban jiwa," katanya.SBS.
×
Berita Terbaru Update