-->

Notification

×

iklan

Iklan

PSSAB Impikan Tugu Ompu Tuan Situmorang "Tugu Namangolu"

Selasa, 17 September 2019 | 10.11 WIB Last Updated 2019-11-22T04:12:53Z
Ketua Umum DPP PSSAB, Ir. JB. Siringoringo, didampingi ketua panitia revitalisasi tugu OTS, Edwin P. Situmorang, SH, MH dan pengurus lainnya saat menandatangani prasasti selesainya revitalisasi.
Samosir(DN)
"Kita bercita-cita, melalui Parsadaan Situmorang Sipitu Ama Dohot Boru
(PSSAB) akan membangun 'tugu namangolu' (tugu yang hidup) di Desa Urat Parsaoran, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir."

Hal itu dikatakan Ketua Panitia Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang, Edwin P. Situmorang, SH, MH pada sambutannya di puncak acara syukuran tugu yang diwarnai pemotongan pita dan penandatanganan prasasti tanda selesainya revitalisasi tahap pertama Tugu Ompu Tuan Situmorang, Sabtu, 14 September 2019.

Lanjut Edwin, PSSAB bertekad menjadikan tugu OTS bukan hanya ditunjukkan dengan fisik. Melainkan menjadi tugu yang hidup, terlebih dalam upaya mendukung program pemerintah yang menggalakkan pariwisata di kawasan Danau Toba khususnya Samosir.

Maksud dari tugu namangolu, diterangkan Edwin, adalah suatu kegiatan pengelolaan kawasan tugu yang mengarah kepada sektor ekonomi, bermanfaat bagi keturunan Situmorang Sipitu Ama dan juga masyarakat sekitar.

Sehingga kata mantan Jamintel Kejagung RI tersebut, setelah selesai revitalisasi tugu Ompu Tuan Situmorang tahap pertama ini, akan dilanjutkan dengan membangun aspek lain yakni Taman Budaya Situmorang Sipitu Ama.

"Konsep revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang, tidak hanya sekadar memperindah bangunan tugu saja. Tetapi juga membangun aspek lain seperti seni dan budaya, lingkungan dan fasilitas yang dibutuhkan oleh sebuah objek wisata. Termasuk dengan mengembangkan dan memperluas kompleks lokasi tugu," ujar Edwin P. Situmorang.

Mengenai seni dan budaya, Pomparan Situmorang kaya dengan bahan bakunya. Seperti sejarah Ompu Tuan Situmorang, puisi-puisi Sitor Situmorang, lagu-lagu ciptaan Guru Nahum Situmorang dan pomparan OTS yang memiliki talenta dalam berbagai bidang seni dan budaya yang menjadi pertunjukan yang dapat menarik perhatian wisatawan.

"Bila Tuhan berkenan, revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang tahap dua nantinya sudah selesai. Ditengah perhatian besar pemerintah pusat yang dipimpin Jokowi memajukan pariwisata Danau Toba, khususnya Pulau Samosir, saya yakin Situmorang Sipitu Ama, kelak tidak hanya menjadi penonton saja," sebut Edwin.

Karena nantinya, Taman Budaya Situmorang yang akan dibangun akan menjadi objek wisata yang akan dikunjungi wisatawan, tidak hanya Situmorang Sipitu Ama dohot boruna.

Tapi oleh wisatawan domestik dari berbagai penjuru Indonesia. Bahkan wisatawan mancanegara. Sehingga, Huta Urat Parsaoran akan menjadi daerah tujuan wisata baru di Kabupaten Samosir.

Senada dengan Edwin, Ketua Umum Parsadaan Situmorang Sipitu Ama Dohot Boru (PSSAB), Ir. JB Siringoringo, lewat sambutannya menyampaikan dikaitkan dengan kebijakan dan program pemerintah yang menetapkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata nasional, telah mendorong DPP PSSAB untuk segera mewujudkan revonasi tugu tersebut.

Bahkan dalam pemikiran berikutnya, Tugu Ompu Tuan Situmorang tidak sekadar direnovasi tetapi harus direvitalisasi dan dikembangkan menyesuaikan dengan program pemerintah pusat.

"Dalam hal ini direncanakan ada dua tahap. Yaitu tahap pertama revitalisasi tugu Ompu Tuan Situmorang. Dan tahap kedua, pengembangan tugu sampai ke pesisir pantai Danau Toba dimana akan dibangun museum Situmorang, taman budaya, home stay, dll," terang mantan Kadis Kehutanan Propsu itu.

Jika dihitung-hitung, tambah Ketua Umum PSSAB, Ir. JB. Siringoringo, revitalisasi tahup kedua akan membutuhkan dana sekitar Rp 10 miliar jauh lebih besar dari biaya revitalisasi tahap pertama beserta pelaksanaan pesta syukuran yang menggunakan dana Rp 3 miliar.

"Tapi itu bukan dana yang besar, jika dibandingkan dengan jumlah keturunan Ompu Tuan Situmorang yang ada saat ini. Hanya kita butuhkan kesatuan hati dan tekad," ujarnya.

Demi mewujudkan impian salah satu marga terbesar di Samosir ini, ketua DPP PSSAB mengharapkan dukungan dan bantuan penuh dari seluruh pomparan Situmorang Sipitu Ama se-dunia.

"Museum Situmorang, taman budaya, dan fasilitas lainnya adalah mimpi besar kita bersama. Saya berdoa kepada Tuhan agar melimpahkan berkat karunia-Nya kepada Pomparan Ompu Tuan Situmorang. Sehingga mimpi besar ini menjadi nyata," harap Ir. JB. Siringoringo.(SBS).
×
Berita Terbaru Update