-->

Notification

×

iklan

Iklan

Diikuti Puluhan Pembalap Nasional, Aquabike Indonesian Championship Series 2 Digelar di Samosir

Selasa, 28 Mei 2024 | 20.30 WIB Last Updated 2024-05-28T14:00:29Z
Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom ST mengibarkan bendera Merah Putih pada parade Aquabike Jetski 2023, yang digelar di Waterfront City Pangururan.
Samosir(DN)
Kejuaraan Aquabike Indonesia Championship 2023 menjadi sebuah kebanggaan buat Indonesia, khususnya masyarakat di kawasan Danau Toba, karena untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah. Event jetski bergengsi internasional yang sudah pernah digelar di 40 negara sejak tahun 1984 ini, mendapatkan animo besar dari masyarakat, terutama di Kabupaten Samosir.

Event ini juga mempunyai daya tarik tersendiri, karena bisa meningkatkan pariwisata lokal, dimana selain kegiatan yang terkait jetski, ada pula kegiatan-kegiatan menarik lainnya, seperti pesta rakyat, penampilan artis nasional serta lokal.

Di tahun 2024, untuk persiapan menghadapi Aquabike Jetski World Championship yang akan berlangsung November 2024, IMI dan Ocean Drive Sports akan melangsungkan Aquabike Indonesian Championship dengan beberapa series.

Kabupaten Samosir sendiri berkesempatan kembali menjadi tuan rumah untuk series kedua, yang akan digelar tanggal 28-30 Juni 2024 di Waterfornt City Pangururan.

Guna mempersiapkan event tersebut, Bupati Samosir melalui Plh. Sekda, Hotraja Sitanggang, ST, MM memimpin rapat koordinasi di Aula Kantor Bupati Samosir, Selasa (28/5).

Selain membahas persiapan pelaksanaan Aquabike Indonesian Championship Series 2, rakor ini juga membahas Festival Solu Bolon Horas Samosir Fiesta 2024, yang akan digelar tanggal 7-8 Juni 2024 di Waterfront City Pangururan.

Plh. Sekda Hotraja Sitanggang, ST, MM menyampaikan bahwa untuk mensukseskan kedua event ini, dibutuhkan sinergitas dan dukungan kerjasama dari masing-masing OPD. Ia meminta seluruh stakeholder dapat berkolaborasi agar event ini dapat berjalan lancar dan memberikan multiplier effect bagi kemajuan pariwisata dan ekonomi lokal.
Bupati Samosir menyapa masyarakat yang antusias menonton event internasional, Aquabike Jetski di Danau Toba.
Sementara itu, Deputi Project Director PT. InJourney Ricky Wirjan, melalui daring memaparkan, di tahun 2024, untuk persiapan menghadapi Aquabike Jetski World Championship yang akan berlangsung November 2024, IMI akan melangsungkan Aquabike Indonesian Championship sebanyak 5 series.

"Melalui kejurnas ini, akan dicari 10 pembalap terbaik untuk mewakili Indonesia dalam Aquabike World Championship. Kejurnas ini juga menjadi kesempatan buat atlet Indonesia untuk berlaga di level internasional," ujar Ricky.

Aquabike Indonesian Champhionship Series 2 yang akan digelar di Waterfront City Pangururan, tanggal 28-30 Juni 2024, akan diikuti kurang lebih 30 pembalap nasional, dengan kelas yang dipertandingkan yaitu Endurance Race, Paralal Slalom dan Hydro Flight.

Direktur Olahraga Air Ikatan Motor Indonesia (IMI) Randi Wibawa menyampaikan event ini akan menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan ajang watersport di Indonesia, tidak hanya sebagai rekreasi tapi juga melahirkan atlet-atlet profesional.

Untuk event Festival Solu Bolon 2024, Kadis Budpar Tetti Naibaho menjelaskan festival ini merupakan agenda ketiga dari rangkaian Horas Samosir Fiesta (HSF) 2024.

Festival Solu Bolon akan digelar tanggal 7-8 Juni 2024 di kawasan Waterfront City Pangururan. Sebanyak 21 tim dari berbagai daerah di Sumatera Utara akan berkompetisi dalam memperebutkan piala dan total hadiah sebanyak Rp 100 Juta.

Kedepan, Festival Solu Bolon direncanakan akan digelar bertaraf internasional. "Untuk itu, kami Dinas Budpar selaku penyelenggara  membutuhkan dukungan dan sinergitas dari seluruh OPD untuk mensukseskan ajang ini",  kata Tetti Naibaho.(Infosamosir).
×
Berita Terbaru Update