-->

Notification

×

iklan

logog

Iklan

logog

Meski Masih Tahap Evaluasi, Daftar Calon Pemenang Proyek DAK Pemkab Samosir Rp 33 Miliar Sudah Beredar

Rabu, 03 April 2024 | 10.22 WIB Last Updated 2024-04-04T02:41:55Z
Ilustrasi.(koreri).
Samosir(DN)
Meskipun Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) baru tahap evaluasi, nama rekanan pemenang proyek pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Pemkab Samosir bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD TA 2024 yang dibagi dalam 5 paket pekerjaan senilai Rp 33 Miliar, beredar di kalangan masyarakat luas dan media sosial.

Sementara data yang dihimpun dari Website LPSE Kabupaten Samosir, saat ini jadwal masih Pembukaan Dokumen Penawaran dan Evaluasi Administrasi, Kualifikasi, Teknis, dan Harga hingga 17 April 2024.

Selain beredar daftar nama rekanan pemenang proyek, santer disebutkan para pemenang proyek adalah arahan atau pengantin dari partainya Bupati Samosir dan diarahkan salah satu anggota Tim Bupati Percepatan Pembangunan (TBPP) Kabupaten Samosir Charles Sitindaon.

Ketika hal ini dikonfirmasi wartawan, Senin (1/4/2024) kepada Anggota TBPP Kabupaten Samosir Charels Sitindaon, pihaknya menampik hal itu. “Gak ada laeku, biasalah pengalihan issuenya biar aku dianggap mengatur,” tulis Charles melalui pesan singkat WhatsApp.

Sementara itu Plt Kadis PUTR Samosir Rudimanto Limbong, mengatakan saat ini masih proses tender dan kita tunggu saja siapa pemenangnya.

Kabag UKBPJ Samosir, Golfried Harianja yang juga dikonfirmasi wartawan terkait sudah beredarnya nama rekanan pemenang proyek meskipun belum ditetapkan, tidak bersedia mengangkat panggilan teleponnya. Saat ditemui di kantornya, yang bersangkutan tidak berada di ruang kerjanya.

Pegiat antikorupsi Samosir, DPP LSM KoMPas, Ranto Limbong, mengatakan, kalau UKPBJ Samosir menetapkan para pemenangnya sesuai daftar yang beredar luas ditengah masyarakat meskipun UKPBJ belum menetapkan pemenang, perlu dipertanyakan. “Patut dicurigai dan diselidiki Aparat penegak hukum (APH) prosesnya,” harapnya.

"Tender ini terkesan sudah dikondisikan atau diarahkan oleh oknum-oknum tertentu kepada rekanan tertentu di Pemkab Samosir, karena patut diduga telah terjadi KKN,” tambah Ranto Limbong.

Adapun daftar paket pekerjaan yang ditenderkan dan daftar nama-nama pemenang yang beredar adalah sebagai berikut.
1. Penanganan Long Segment Ruas Jalan Sp. Tugu Sinaga-Sideak Toruan (DAK) Rp Rp. 3.198.925.395,52. (CV. Batu Sawan)
2. Penanganan Long Segment Ruas Jalan Salaon Dolok-Ronggur Nihuta/Sp. Kantor Camat Lama (DAK) Rp Rp. 7.672.780.992,57.(PT Putra Karya Fisindo)
3. Penanganan Long Segment Ruas Jalan Sp. HKBP Simbolon-Sitabo-tabo (DAK) Rp. Rp. 9.899.995.791,11 (CV .46)
4Penanganan Long Segment Ruas Jalan Sp. SMA 1 Sianjur-Singkam (DAK) Rp. Rp. 9.299.999.926,57. (PT Putra Natama Engineering)
5. Penanganan Long Segment Ruas Jalan Huta Ginjang-Sigulatti Tala (DAK) Rp. Rp. 3.799.959.220,77. (CV. Nagoya Jaya).(**SIB)
×
Berita Terbaru Update