-->

Notification

×

iklan

Iklan

Beredar Pemenang Tender Sebelum Pengumuman, Kabag UKBPJ Samosir: No Koment!

Sabtu, 06 April 2024 | 18.29 WIB Last Updated 2024-04-20T11:35:12Z
Kabag UKPBJ Samosir, Golfried Harianja saat berusaha dimintai penjelasan atas beredarnya nama-nama pemenang tender sebelum pengumuman.
Samosir(DN)
Terkait beredarnya nama rekanan pemenang proyek meskipun belum ditetapkan, Kabag UKBPJ Samosir, Golfried Harianja yang dikonfirmasi wartawan di kantornya mengatakan, "No komen. Tidak tahu sumbernya dari mana. Saya anggap beritanya tidak jelas. Ini lagi evaluasi koq, ok," ujarnya, Kamis, 4/4.

Dia juga menganggap sejumlah wartawan yang datang ke kantornya konfirmasi, mengganggu proses tender. "Jika ditanya-tanya seperti ini, itu bisa dianggap mengganggu kami. Ini kan rahasia sifatnya. Evaluasi itu kan harus rahasia, haknya pokja. Makanya ada diberi kewenangan melakukan evaluasi," kata Golfried sembari berlalu.

Menanggapi bocornya nama pemenang lelang itu, Ketua DPC LSM PAKAR Samosir (Pembela Kemerdekaan Rakyat), Marada Sihombing, S.Kom, mengatakan, "Jika nanti benar nama-namanya pemenang yang sudah beredar di grup WhatsApp, maka kinerja Pokja Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ) Pemkab Samosir patut diduga tidak profesional atau setidaknya Pokja itu dapat dicurigai tidak menjaga kerahasiaan proses lelang."

Maka Bupati Samosir melalui Inspektorat melakukan pemeriksaan dan pemeriksaan dilakukan secara transparan. Tujuannya agar supaya proses pengadaan barang dan jasa di Pemkab Samosir berjalan sesuai regulasi yang berlaku.

Bupati Samosir juga harus berani mengganti Kepala Unit Pengadaan Barang Jasa, Golfrid Harianja. Sebab sejak Golfrid menjabat di UKPBJ, selalu bocor nama-nama pemenang muncul ke publik. Sehingga menimbulkan preseden buruk dalam pengadaan barang dan jasa di Pemkab Samosir tiga tahun terakhir.

Sebelumnya diberitakan, meskipun lelang proyek di Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) baru tahap evaluasi, nama-nama perusahaan calon pemenang proyek pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Pemkab Samosir bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD TA 2024 yang dibagi dalam 5 paket pekerjaan senilai Rp 33 Miliar, beredar di kalangan masyarakat luas dan media sosial.

Sementara data yang dihimpun dari Website LPSE Kabupaten Samosir, saat ini jadwal masih Pembukaan Dokumen Penawaran dan Evaluasi Administrasi, Kualifikasi, Teknis, dan Harga hingga 17 April 2024.

Selain beredar daftar nama rekanan pemenang proyek, santer disebutkan para pemenang proyek adalah arahan atau pengantin dari partainya Bupati Samosir dan diarahkan salah satu anggota Tim Bupati Percepatan Pembangunan (TBPP) Kabupaten Samosir Charles Sitindaon.

Ketika hal ini dikonfirmasi, Senin (1/4/2024) kepada Anggota TBPP Kabupaten Samosir Charels Sitindaon, pihaknya menampik hal itu. “Gak ada laeku, biasalah pengalihan issuenya biar aku dianggap mengatur,” tulis Charles melalui pesan singkat WhatsApp.

Sementara itu Plt Kadis PUTR Samosir Rudimanto Limbong, mengatakan saat ini masih proses tender dan kita tunggu saja siapa pemenangnya.

Kabag UKBPJ Samosir, Golfried Harianja ketika dikonfirmasi wartawan terkait sudah beredarnya nama rekanan pemenang proyek meskipun belum ditetapkan, tidak bersedia mengangkat panggilan teleponnya. Saat ditemui di kantornya, yang bersangkutan tidak berada di ruang kerjanya.

Seorang pegiat antikorupsi Samosir, DPP LSM KoMPas, Ranto Limbong, mengatakan, kalau UKPBJ Samosir menetapkan para pemenangnya sesuai daftar yang beredar luas ditengah masyarakat meskipun UKPBJ belum menetapkan pemenang, perlu dipertanyakan. “Patut dicurigai dan diselidiki aparat penegak hukum (APH) prosesnya,” harapnya.

"Tender ini terkesan sudah dikondisikan atau diarahkan oleh oknum-oknum tertentu kepada rekanan tertentu di Pemkab Samosir, karena patut diduga telah terjadi KKN,” tambah Ranto Limbong.

Adapun daftar paket pekerjaan yang ditenderkan dan daftar nama-nama pemenang yang beredar adalah sebagai berikut.
1. Penanganan Long Segment Ruas Jalan Sp. Tugu Sinaga-Sideak Toruan (DAK) Rp Rp. 3.198.925.395,52. (CV. Batu Sawan)
2. Penanganan Long Segment Ruas Jalan Salaon Dolok-Ronggur Nihuta/Sp. Kantor Camat Lama (DAK) Rp Rp. 7.672.780.992,57.(PT Putra Karya Fisindo)
3. Penanganan Long Segment Ruas Jalan Sp. HKBP Simbolon-Sitabo-tabo (DAK) Rp. Rp. 9.899.995.791,11 (CV .46)
4.Penanganan Long Segment Ruas Jalan Sp. SMA 1 Sianjur-Singkam (DAK) Rp. Rp. 9.299.999.926,57. (PT Putra Natama Engineering)
5. Penanganan Long Segment Ruas Jalan Huta Ginjang-Sigulatti Tala (DAK) Rp. Rp. 3.799.959.220,77. (CV. Nagoya Jaya).(red).
×
Berita Terbaru Update