-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240404-WA0000

Pileg DPRD Samosir, 16 Wajah Baru Melenggang

Sabtu, 02 Maret 2024 | 04.29 WIB Last Updated 2024-03-02T10:38:24Z
IMG-20240302-120020
Rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilu 2024 di Kabupaten Samosir.
Samosir(DN)
Proses rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat kabupaten telah usai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samosir secara resmi mengumumkan hasil perolehan suara untuk lima jenis pemilihan dalam rapat pleno di Hotel Sitiotio, Aek Rangat Kelurahan Siogung-ogung, Kecamatan Pangururan, yang digelar pada Kamis 29/2 sampai Sabtu 2/3.

Kegiatan dilaksanakan setelah diterimanya hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat  PPK se-Kabupaten Samosir.

Dalam pembukaan kegiatan, KPU Kabupaten Samosir mengundang jajaran Forkompinda, instansi terkait, dan pimpinan partai politik sebagai tamu undangan.

Ketua KPU Kabupaten Samosir, Vincentius Sitinjak dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahapan saat ini adalah penentuan dari hasil perolehan suara Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Samosir.

Vincentius Sitinjak juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungannya dalam penyelenggaraan pemilu sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sebagai wujud transparansi proses dan tahapan Pemilu Tahun 2024, KPU Kabupaten Samosir melaksanakan seluruh rangkaian rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara peserta Pemilu Tahun 2024 dengan mengundang saksi peserta Pemilu di tingkat kabupaten dan Bawaslu Kabupaten Samosir.

Berdasarkan metode SL (Sainte Lague) untuk mengonversi perolehan suara partai ke kursi di parlemen pada Pileg 2024, sebagai berikut.
Pada Dapil 1 (Kecamatan Pangururan- Ronggur Nihuta) tercatat ada lima anggota DPRD yang baru yakni Edis Naibaho (PDI-P), Mian Malau (Golkar), Sudung Sitanggang (PKB), Renaldi Naibaho (Gerindra) dan Osvaldo Simbolon (PDI-P). Sisanya caleg petahana, Nasip Simbolon (PKB), Polten Simbolon (Golkar), dan Marco Simbolon (Nasdem).

Sementara Dapil 2 (Kecamatan Simanindo-Onan Runggu), hanya menyisakan 2 petahana yakni, Magdalena Sitinjak (Nasdem) dan Parluhutan Samosir (Demokrat). 4 dewan lainnya yakni Erwin Nainggolan dan Jonny Gultom (PKB), Gimbet Situmorang (PDI-P) dan Juliana Pardede (Nasdem), merupakan pendatang baru.

Di Dapil 3 (Kecamatan Palipi-Nainggolan), caleg petahana juga hanya mampu dipertahankan Noni Situmorang (PKB) dan Parluhutan Sinaga (Golkar). Sementara 4 kursi diisi pendatang baru, yakni Tua Hotdison Situmorang (PDI-P), Eben Ezer Situmorang (Perindo), Harry Jono Situmorang (Demokrat) dan Bilhem Sinaga (Nasdem).

Terakhir Dapil 4 (Sitiotio, Harian dan Sianjur Mulamula), Jonny Sagala (Golkar) dan Pantas Limbong, merupakan petahana, sementara Hannes Sihotang (PDIP), Basaruddin Situmorang (Gerindra) dan Sarhochel Tamba (Nasdem), pendatang baru.

Adapun pemenang pemilu DPRD Samosir yakni: diurutan pertama ditempati PKB dengan meraih 6 kursi (16.043 suara), urutan kedua PDI-P dengan 5 kursi (16.151 suara), pemenang ketiga partai Nasdem dengan 5 kursi (13.423).

Selanjutnya Partai Golkar meraih 4 kursi (10.063 suara), Partai Gerindra 2 kursi (9.374 suara), Partai Demokrat 2 kursi (5.764), dan Perindo 1 kursi (6.481).(Red).
×
Berita Terbaru Update