-->

Notification

×

iklan

Iklan

IMG-20240221-170348

Jelang Idul Fitri 1445 H, Pemkab Samosir Pantau Stabilitas Harga Bahan Pangan

Rabu, 27 Maret 2024 | 08.54 WIB Last Updated 2024-03-27T01:54:38Z
Rapat koordinasi Pemkab Samosir.
Samosir(DN)
Bupati Samosir diwakili Asisten II Hotraja Sitanggang memimpin rapat tim pengendali inflasi daerah (TPID) di Aula Kantor Bupati Samosir, 26/03. Rakor TPID dilakukan dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idul Fitri 1445 H untuk menjaga stabilitas dan keterjangkauan harga, menjaga ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan menjalin komunikasi yang efektif.

"Rapat ini guna mengantisipasi kecenderungan peningkatan harga, ketergantungan pasokan bahan pangan dari luar Kabupaten Samosir dan memastikan keamanan bahan pokok yang akan dikonsumsi," ujar Asisten II, Hotraja Sitanggang.

Ditambahkan, kunjungan wisatawan dalam libur Idul Fitri berpotensi meningkatkan inflasi, hunian hotel akan meningkat, melihat situasi itu maka kebutuhan juga meningkat sehingga perlu dipastikan ketersediaan pasokan bahan pangan agar tidak menimbulkan gejolak kenaikan harga.

"Perlu keseriusan pemerintah bersama TPID mengambil langkah antisipatif sejak awal, sehingga kebutuhan wisatawan dan  masyarakat terpenuhi tentunya dengab harga yang stabil," kata Hotraja.

Secara data produksi, ketersediaan pasokan beras di Kabupaten Samosir relatif aman namun terjadi kenaikan harga pada beberapa Bapokting. Hotraja meminta TPID aktif melakukan monitoring pasar dan memberikan pemahaman kepada pedagang agar tidak menaikkan harga terlalu tinggi.

"Penanggulangan harga dan informasi harga selalu dilakukan secara berjenjang lintas sektor. Melalui hasil monitoring diharapkan informasi lengkap tersajikan dan terlaporkan," imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Setdakab. Samosir Tri Endis Manalu menyampaikan dalam pengendalian inflasi tahun 2024 telah dilakukan monitoring pada 7 pasar yaitu Pangururan, Simanindo, Ambarita, Mogang, Nainggolan, Sitinjak dan Limbong.

"Kita memonitoring terkait ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga komoditas bahan pangan strategis selain itu menjalin komunikasi aktif dengan para pedagang agar tidak semena-mena menaikkan harga sehingga harga tetap normal dan stabil," ujarnya.

Sebagai langkah pengendalian inflasi, pada Rabu, (27/03) Pemkab Samosir akan melakukan monitoring pasar di pasar Onanbaru, mengecek harga dan ketersediaan Bapokting.(Info Samosir).
×
Berita Terbaru Update